Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII Di MTS Muhammadiyah 02 Paciran Lamongan

Novelia Nur Anggraeni, M. Fazlurrahman Hadi

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran aqidah akhlak Kelas VIII di MTs Muhammadiyah 02 Paciran
Lamongan. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Dalam
penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C sebagai
kelas kontrol dan kelas eksperimen. Soal tes yang digunakan sebanyak 20 soal
berbentuk pilihan ganda.
Model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs
Muhammadiyah 02 Paciran Lamongan dengan menggunakan model belajar
kelompok dapat dikatakan sedang, dengan nilai rata-rata 21,55 dari nilai 20-
23.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah
02 Paciran Lamongan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 83,25
dari nilai 75-95.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan menggunakan
hipotesis dengan menggunakan korelasi phi dapat diketahui bahwa setelah
diketahui Phi = 0,450 kemudian dicari df-nya dengan rumus df = N-nr, maka df
= 20 – 2 = 18, kemudian didapat taraf signifikan 5% = 0,320, sedang untuk taraf
1% = 0,413.
Adapun pengaruh signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak hal ini di
tunjukkan dengan uji signifikan dengan hasil: terima Ha dan tolah Ho bila rhitung>
rtabel, dengan taraf signifikasi 5% dan atau 1%. Perbandingan rtabel 5% = 0,320 <
rhitung = 0,450 dan rtabel 1% = 0,413 < rhitung = 0,450. Terdapat taraf signifikan 5%
atau 1%, interpretasinya adalah menerima Ha dan menolak Ho, yang menyatakan
ada pengaruh dan signifikan yang sedang antara model pembelajaran jigsaw
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak

Refbacks

  • There are currently no refbacks.