Peranan Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi Dalam Pembentukan Karakter Di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Surabaya

Authors

  • Muhammad Zainal Abidin Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University
  • Asrori Asrori

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v7i1.1636

Abstract

Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur peneriman siswa
disekolah kawasan berbasis zonasi di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran
Surabaya, implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek
Kenjeran Surabaya, dan peranan sekolah kawasan berbasis sistem zonasi dalam
pembentukkan karakter siswa di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran Surabaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Untuk mengetahui
implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran
Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.
implementasi pendidikan karakter dan peranan sekolah kawasan berbasis sistem
zonasi dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran
Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan tiga alur dari Miles yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerimaan PPDB di SMPN 15 belum maksimal, implementasi di SMPN 15
memiliki 5 metode yaitu mengajarkan, keteladanan, menentukan prioritas, praktis
dan refleksi dan Peranan guru dalam mendidik peserta didik menjadi insan yang
berkarakter baik sangat dibutuhkan. Penggunaan metode yang bervariasi dalam
menciptakan suasana belajar agar tidak membosankan untuk menarik minat peserta
didik serta mendekatkan diri kepada peserta didik memudahkan diri kepada peserta
didik memudahkan para guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter baik.

Kata Kunci : Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi

Published

2018-06-04

Issue

Section

Editorials