PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Abstrak: Menurut WHO dalam (Nahdi & Jatisunda, 2020) Pada akhir tahun 2019 dunia dikejutkan oleh adanya virus yang dinamakan COVID-19, kemudian pada awal tahun 2020 WHO mengumumkan secara global bahwa virus ini dikatakan sebuah pandemic yang dikenal dengan pandemic Covid-19. Setelah itu pemerintah menerapkan sistem kerja WFO (Work Form Office) maupun WFH (Work Form Home). Menurut Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 01/KB/2020 Tahun 2020 mengungkapkan bahwa pembelajaran dilakukan secara daring bagi satuan pendidikan yang berada zona oranye dan merah. Dengan pembelajaran secara daring, dosen dituntut untuk bisa menerapkan penggunaan teknologi agar pembelajaran berjalan dengan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Peneliti ingin pembelajaran yang dilakukan dosen tidak monoton menggunakan paper and pen test tetapi sudah menggunakan sebuah aplikasi yang mudah diakses oleh mahasiswa melalui hp maupun laptop, aplikasi ini bernama Quizizz. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah PTK dengan subyek penelitian 47 mahasiswa PGSD UM Surabaya. Cara pengambilan data menggunakan tes (aplikasi quizizz) dan didapatkan hasil bahwa pada siklus I dan siklus II yaitu dari 47 mahasiswa, berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada siklus I dapat diketahui bahwa 33 mahasiswa atau 70% dinyatakan tuntas belajar, sedangkan 14 mahasiswa atau 30% dinyatakan tidak tuntas dalam belajar dan pada siklus II diketahui bahwa 43 mahasiswa atau 91% telah dinyatakan tuntas belajar, sedangkan sisanya 4 mahasiswa atau 8% dinyatakan tidak tuntas belajar.
Â
Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar Mahasiswa
Referensi
+ B + D8. (n.d.).
Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732
Arimurti, A. R. R., Rohmayani, V., & ... (2023). The Potential of Indigenous Bacteria From Various Sample Soil in Degrading Polymer Plastic Waste. Al-Hayat: Journal of …, 6(2), 111–125. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/hayat/article/view/17539%0Ahttps://journal.walisongo.ac.id/index.php/hayat/article/download/17539/5200
Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505
Asy’ari, Fitriyah, L., & Putra, D. A. (2022). Implementation of Flora and Fauna-Based Smart Word Learning Media to Empower Elementary School Students’ Motivation and Science Literacy. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 11(2), 123–136. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i2.1500
Asy, B., Gayatri, Y., & Rizqiyah, S. (n.d.). Implementing the Hands-on Activity ( HoA ) Learning Model Based on Natural Surroundings ( JAS ) in an Effort to Improve Ecoliteracy and Learning Motivation of the Students of SD Negeri Ombul 3 Bangkalan. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0
Asyari, Zidni Ilma, P., Wida Dina Tinta, Z., & Mahlullah, Y. (2022). Pemberdayaan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Upaya Meningkatkan Keikutsertaan dalam Pengembangan Organisasi dan Branding PCM Tambaksari Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 45–58. https://doi.org/10.37802/society.v3i1.235
Berfikir, K., Dan, K., & Komunikasi, K. (n.d.). 2) 1,2). 40–47.
Ervayani, E., Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 113. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102
Fatihuddin, A., Biologi, P., Muhammadiyah, U., Biologi, P., & Muhammadiyah, U. (2022). RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY ( Brassica rapa L .) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH SAYUR-SAYURAN. 01, 1–8.
Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#
Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003
Holisin, I., Ainy, C., & Wikanta, W. (2019). Improving Reasoning Ability of Elementary Students in Solving Mathematical Problems with the OSCAR Learning Model. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012101
Iis Holisin. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/255/199
Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.
Journal, Tell. (2016). CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS RELATED TO POWER RELATION IN FILM “THE JUDGE ” Ahmad Cholilir Rozzaq 1 , Dwijani Ratnadewi 2. 4(1), 9–21.
Journal, The, & Muhammadiyah, O. (2023). Isolasi Dan Karakterisasi Bakteri Termofilik Dari Oil Sludge Asal Kalimantan Timur. 1(6).
Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023a). Project-Based Learning in the Study of Eco-enzyme Microorganisms to Train Students ’ Critical Thinking in Waste Treatment Engineering Course. VIII(September), 179–185.
Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023b). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129
Listiana, L. (2020). Learning reflections in the covid-19 pandemic period ( study at the Muhammadiyah educational institutions in Surabaya ). March, 255–262.
Listiana, L., B, A. B., Jamaluddin, A. Bin, & Muharni, A. (n.d.). Enhancing Cognitive Retention of Different Academic Abilities Undergraduate Students (Vol. 2). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0
Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572
M.Ridlwan, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). Learning Motivation Of Students at State High School of Surabaya in Covid-19 Era. International Journal of Education and Research, 9(8), 115–126.
Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.
Nurlaily, N. Y., Wicaksana, S. U., Irmawanto, R., & Holisin, I. (2021). Pemenuhan Akses Pendidikan Kepada Masyarakat Pinggiran Perkotaan: Studi Kasus SD Budi Yakin Surabaya. Jurnal Dedikasi Hukum, 1(2), 178–189. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jdh/article/view/17101
Oktafiana, L., Iis Holisin, & Himmatul Mursyidah. (2020). Analisis Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Tingkat SMP. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 112–129. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.24
Pedago, J., Vol, B., Penyakit, A., Calabura, M., Calabura, M., & Calabura, M. (2022). Uji Antibakteri Perasan Daun Kersen ( Muntingia Calabura L ) Dalam Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan Escherichia Coli Secara Invitro Fitrotin Azizah. 10(1), 285–293.
Peningkatan, U. (2021). HIDROPONIK BEKAS SETRO BARU-SURABAYA. V(2).
Penulis, V., Rohmayani, S., Pd, M. S., Anindita, R. R. A., Si, S., Hidayatullah, M. S. N., & Pd, S. (2022). PERAN BAKTERI ROCKWOOL HIDROPONIK TANAMAN SAWI (Brassica rapa L.). http://www.p3i.um-surabaya.ac.id
Protokol, D. A. N., Keguruan, F., Sosial, I., Muhammadiyah, U., Matematika, P. P., & Keguruan, F. (2021). JURNAL HUMANISM Surabaya Sekolah Kreatif Berbasis Pembelajaran Upaya Membangun Budaya Cakap SOSIALISASI BAHAYA COVID-19 BAHAYA COVID-19 KESEHATAN Teknologi Di Era Revolusi Industri KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT SIDORAHAYU Prodi Pendidika. 2.
Rahmawati, I., & Ratnadewi, D. (2015). A Postcolonial Survey of “A House for Mr. Biswas” by V. S. Naipaul. Advances in Language and Literary Studies, 6(4). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.6n.4p.72
Ratnadewi, D. (2009). Pembelajaran bahasa inggris tematik integratif: sebuah alternatif model pembelajaran bahasa inggris di smk. Journal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya, 8(2), 1–17. https://core.ac.uk/download/pdf/229571972.pdf
Ratnadewi, D., & Yunianti, S. (2019). Indonesian student teachers’ critical thinking skills in text analysis with CDA approach. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 424–431. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7362
Ridlwan, M. &, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya Surabaya 2 PG PAUD Fakultas Keguruan dan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 141–149.
Ridlwan, M., Asy’ari, A., Suprapti, E., & Abidin, R. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Upaya Meningkatkan Kinerja Guru SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 314–325. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.8606
Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian Meta-Analisis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1453–1464. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464
Rohmayani, V., Sari M., E. T., Romadhon, N., & Wahyuni, H. I. (2021). Diversity of Bivalvia, Gastropoda and Holothuroidea in Intertidal Zone of North Javan Sea Coastal, Indonesia. Jurnal Biologi UNAND, 9(1), 1. https://doi.org/10.25077/jbioua.9.1.1-7.2021
Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Lukiyono, Y. T., Nuzula, F., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2022). Edukasi Infeksi Toksoplasmosis Pada Masyarakat Di Desa Balong Panggang Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 165–173. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/HMN
Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2023). Prevalence Of Helmint Infection In Cat’s Feces In Surabaya City. Medicra (Journal of Medical Laboratory Science/Technology), 6(1), 32–37. https://doi.org/10.21070/medicra.v6i1.1685
Samani, M., Daryono, M., & Ratnadewi, D. (2018). Developing Character Education Based on Local Wisdom. 173, 230–233. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.60
Sasmi, M. A., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.4790
Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.
Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.
Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509
Utami, N. I., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2018). The Development of Engklek Geometri Learning Media to Preserve Traditional Game. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 211–224. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2710
Wahyuni, H. I., Shoukat, N., & Romadhon, N. (2023). Kearifan lokal inventory of plant utilization and its relevance as a source on ecopedagogic learning based on local wisdom. 7, 23–32.
Wikanta, W. (2011). PENGARUH PENAMBAHAN PERASAN BUAH BELIMBING WULUH ( Averrhoa bilimbi L ) TERHADAP KADAR RESIDU FORMALIN DAN PROFIL PROTEIN UDANG PUTIH ( Letapenaeus vannamei ). 33–39.
Wikanta, W., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2023). Development of practicum-based mobile augmented reality through the group investigation model to improve students’ creative thinking. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(2), 145–166. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i2.26316
Wikantaa, W., Gayatri, Y., & Juniawan, F. (2023). The Urgency and Challenges of Flipped Classroom as A Learning Mode in The Digital Era in Indonesia. VIII(September), 227–236.