URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN

Isi Artikel Utama

Din Muhammad Zakariya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang urgensi pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan: pertama, pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Kedua, pendidikan karakter menjadi materi dasar dalam pembelajaran alIslam dan Kemuhammadiyahan yaitu dengan memusatkan pendidikan pada pembersihan diri dari sifat kebuasan, kebinatangan, dan setan, kemudian mengisinya dengan sifat-sifat ketuhanan (rabbani).

Rincian Artikel

Referensi

  1. Ghazali (al), (1980), Ihya’ ulum ad-din,
  2. Beirut: Dar al-Fikr.
  3. Gunawan, Heri (2012), Pendidikan
  4. Karakter, Bandung: Alfabeta.
  5. Hafiduddin, Didin (2012), Kata
  6. Pengantar: Membangun Karakter
  7. Melalui Pendidikan Agama, dalam Ulil
  8. Amri Syafri, Pendidikan Karakter
  9. Berbasis al-Qur'an, Jakarta: Rajawali
  10. Press.
  11. Hazimi (al), Khalid (2000), Ushul alTarbiyah al-Islamiyah, Madinah alMunawwarah: Dar 'Alam al Kutub.
  12. Kesuma, Dharma (2017), Pendidikan
  13. Karakter: Kajian Teori dan Praktek di
  14. Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya
  15. Langgulung, Hasan (1995), Beberapa
  16. Pemikiran tentang Pendidikan Islam,
  17. Bandung: al-Ma'arif.
  18. Moleong, Lexy J, (2014), Metodologi
  19. Penelitian Kualitatif, Bandung :
  20. Remaja Rosda Karya.
  21. Muhaimin (2013), Rekontruksi Pendidikan
  22. Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  23. Nata, Abudin, (2003), Kapita Selekta
  24. Pendidikan Islam, Depok: PT. Rajawali
  25. Pres.
  26. Samani, Muhlas dan Hariyanto (2018),
  27. Pendidikan Karakter: Konsep dan
  28. Model, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  29. Tafsir, Ahmad (2010), Filsafat Pendidikan
  30. Islami, Bandung: PT. Rosda.
  31. Tobroni (2008), Pendidikan Islam: Paradigma
  32. Teologis, Filosofis dan Spiritualitas,
  33. Malang: UMM Press.
  34. Wibowo, Agus dan Sigit Purnama (2013),
  35. Pendidikan Karakter di Perguruan
  36. Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.