Service Catalog Management dan Service Level Management pada Layanan E- commerce (Studi Kasus: E-commerce Universitas)

Isi Artikel Utama

Tining Haryanti

Abstrak

Teknologi dan informasi memudahkan pekerjaan manusia dalam banyak aspek. Penyedia layanan makanan memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk mereka. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas swasta di Indonesia yang menerapkan konsep kantin digital atau e-commerce untuk kantin. Namun dalam implementasi e-commerce tidak berjalan optimal. Pengguna menggunakan e-commerce untuk memperkenalkan produk mereka tanpa menggunakan transaksi di dalamnya. Transaksi dilakukan oleh pemilik toko offline / secara manual. Kebingungan dan ketidakpercayaan terhadap sistem adalah salah satu penyebab e-commerce kampus tidak dioptimalkan. Oleh karena itu diperlukan manajemen dan pemeliharaan kualitas layanan yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi desain layanan dalam Manajemen Katalog Layanan, proses Manajemen Level Layanan. Dari rekomendasi ini, diharapkan perguruan tinggi akan mengetahui bagaimana mengelola layanan TI yang mereka miliki untuk memastikan bahwa layanan diberikan dengan benar dan juga sejauh mana tingkat layanan TI telah diberikan. Manfaat dari penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi e-commerce perdagangan untuk menjalankan tata kelola TI-nya. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab optimasi sistem dalam hal sumber daya manusia. Kurangnya pengetahuan dan ketidakbiasaan dalam pengoperasian teknologi
dianggap sebagai penyebab sistem menjadi suboptimal.

Kata Kunci : e-commerce, service catalogue management, service level management.

Rincian Artikel

Referensi

  1. OGC, The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle. 2007.
  2. J. O. Long, “Service design,†in SpringerBriefs in Computer Science, 2012.
  3. C. Mendes and M. M. Da Silva, “Implementing the Service Catalogue management,†in Proceedings - 7th International Conference on the Quality of Information and Communications Technology, QUATIC 2010, 2010.
  4. R. Addy, “Service Level Management,†in Effective IT Service Management, 2007.
  5. M. Meschke, “Service Level Agreement (SLA),†Controlling, 2008.
  6. G. Mangalaraj, A. Singh, and A. Taneja, “IT governance frameworks and COBIT - A literature review,†in 20th Americas Conference on Information Systems, AMCIS 2014, 2014.
  7. C. Coglianese, “Information Technology and Regulatory Policy,†Soc. Sci. Comput. Rev., 2004.
  8. N. Sohrabi Safa, R. Von Solms, and S. Furnell, “Information security policy compliance model in organizations,†Comput. Secur., 2016.
  9. M. Talla, “An Implementation of ITIL Guidelines for IT Support Process in a Service Organization,†Int. J. Inf. Electron. Eng., 2013.
  10. Y. Xue, H. Liang, and W. R. Boulton, “Information technology governance in information technology investment decision processes: The impact of investment characteristics, external environment, and internal context,†MIS Q. Manag. Inf. Syst., 2008.
  11. F. Hertingkir and D. Wardani, “Analisis Kelayakan Anggaran Investasi Teknologi Informasi dengan Analisis Cost Benefit,†J. Keuang. dan Perbank., 2017.
  12. N. Gama, R. N. Da Silva, and M. M. Da Silva, “Using people-CMM for diminishing resistance to ITIL,†Int. J. Hum. Cap. Inf. Technol. Prof., 2011.
  13. D. Howard, “RACI Matrix,†in IT Release Management, 2011.
  14. J. R. Lussier, R. N. & Hendon, “Human resource management: functions, applications and skill development,†Www.Sagepub.Co/Hrm. 2012.
  15. B. Spasic and A. Markovic, “Information and Communication Technology Unit Service Management in a Non-profit Organization Using ITIL Standards,†Manag. - J. theory Pract. Manag., 2013.
  16. P. F. L. Scheffe and J. Strassner, “IT service management,†in Handbook of Network and System Administration, 2008.
  17. B. Goodwin, “Employers warned to act now to avoid business IT skills shortage.,†Comput. Wkly., 2005.
  18. A. Fitriansyah and S. Elfizar, “Perencanaan Arsitektur Teknologi Informasi Menggunakan TOGAF Framework ( Studi Kasus : Bagian Pelayanan pada Mahasiswa FMIPA Universitas Riau ),†J. Komput. Terap., 2017.
  19. M. Marrone, F. Gacenga, A. Cater-Steel, and L. Kolbe, “IT service management: A cross-national study of ITIL adoption,†Commun. Assoc. Inf. Syst., 2014.
  20. A. Chen, L. Di, Y. Bai, Y. Wei, and Y. Liu, “Grid computing enhances standards-compatible geospatial catalogue service,†Comput. Geosci., 2010.