Penggunaan Model Pembelajaran Predict-Observer-Explain (Poe) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem

Authors

  • Ariwin Ayu Kusuma Wardani Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuni Gayatri Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jpb.v6i2.3916

Keywords:

Kata kunci, Predict-Observer-Explain (POE), Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1). bagaimana keterlaksanaan model  Predict-Observer-Explain (POE) dalam pembelajaran pada siswa (2). bagaimana keterampilan proses sains siswa setelah di terapkan model Predict-Observer-Explain (POE) (3). bagaimana penguasaan konsep siswa setelah di terapkan meodel Predict-Observer-Explain (POE). Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan “One Group Pre-test Pos-test Designâ€. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 MA Muhammadiyah 01 Paciran, tehnik pengumpulan data dilakukan secara tes dan non tes (observasi) menggunakan instrumen keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam pembelajaran, lembar pengamatan keterampilan proses sains siswa, pretest dan posttest Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistic uji T. penelitian ini disimpulkan : (1). Keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada kategori sangat baik; (2). Ketrampilan proses sains siswa termasuk kedalam kategori baik Sesuai dengan perhitungan yang dilakuakan dengan rata – rata yang di dapat adalah 80,00% dan aspek keterampilan proses yang signifikan mengalami peneingkatan adalah aspek mengamati dan mengukur.; (3). Peningkatan penguasaan konsep siswa dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata ketuntasan secara klasikal pada kelas X IPA 2 yang pada awalnya 0%  menjadi 79,31%.

References

Budiati, H., Sugiyarto & Sarwanto.2012. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) Menggunakan Eksperimen Sederhana Dan Eksperimen Terkontrol Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif Dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains.

Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, 9(1): 149–157. (diakses tanggal 23 Maret 2018).

Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hasanah. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Predictobserve-Explain (Poe) Terhadap Penguasaan Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Smp Pada Materi Fotosintesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi (diakses tanggal 1 juni 2018).

Longman. 2008. Science Process Skills. Malaysia:pearson

Michael. 1990.The Science Process Skills. journal of Research matters-to the science teacher no.9004, 1990

http://www.educ.sfu.ca/narstsite/publications/research/skill.htm (diakses tanggal 2 mei 2018)

Pradina, R.A. (2010). Penguasaan Konsep Sistem Reproduksi dengan

Pembelajaran Aktif Menggunakan Kartu Sortir. Bandung: Skripsi UPI: Tidak diterbitkan

Restami, M.P., K. Suma dan M. Pujani. 2013. Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan sikap 58 ilmiah ditinjau dari gaya belajar peserta didik. e-Journal ProgramPascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3:1-13. (diakses tanggal 7 Maret 2018).

Sudiadnyani.. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (Poe) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD di Kelurahan Banyuasri. Skripsi (tidak diterbitkan) Jurusan PGSD, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta:Kencana2014.

Zaenal,Arifin. 2008. Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia.

Published

2018-11-27

Issue

Section

Artikel