Isi Artikel Utama

Abstrak

Karya tulis ilmiah (KTI) merupakan karya ilmiah yang ditulis dengan mengikuti kaidah ilmiah. Kaidah ilmiah sebagai syarat utama dalam penulisan sebuah karya dimaksudkan agar karya yang dihasilkan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Tujuan kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah yaitu menumbuhkan minat, semangat, serta ide kreatif dan inovatif dari siswa-siswi kelas X dan XI SMAN 5 Samarinda untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan dapat disimpulkan bahwa kegiatan berjalan dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah. Seluruh peserta pelatihan mengikuti kegiatan hingga akhir dengan tingkat kehadiran sebesar 100%. Peserta kegiatan antusias untuk bertanya, mengeksplorasi ide, serta mengemukakan pendapat. Dengan demikian, kedepannya diharapkan adanya kegiatan lanjutan dengan melibatkan guru pendamping untuk mengoptimalkan perannya dalam penyusunan karya tulis ilmiah bagi peserta didik.

Kata Kunci: kaidah ilmiah; KTI; peserta didik.

 

Training on Writing Scientific Papers to Encourage Quality Improvement of High School Level Students

ABSTRACT 

The scientific paper is an essay written by following scientific rules that are the main requirement so that the resulting essay can be justified scientifically. The purpose of the training is to increase the interest, enthusiasm, creative, and innovative ideas from students of class X and XI of SMAN 5 Samarinda to create a scientific paper that is following the rules. Based on the implementation of the training, it can be concluded that it is run well and received support from the school. All participants follow this activity until the end with an attendance rate of 100%. They are enthusiastic to ask, explore, and express their ideas and opinions. Then, in the future, it is expected that there will be further activities involving the teachers to optimization the role of assistants to create their student’s scientific papers.

Keywords: scientific paper; scientific rules; students.

Kata Kunci

kaidah ilmiah KTI peserta didik

Rincian Artikel

Referensi

  1. Alie, M. 2015. Motivasi Widyaiswara Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Studi Kasus Pada Peserta Diklat Karya Tulis Ilmiah Di Lan 8 s.d. 12 Juni 2015). IRFANI : Journal of Islamic Education. Vol 11, No 1, 96-107.
  2. Azahari, A. 2000. Pembangunan Sumberdaya Manusia Dan Indeks Pembangunan Manusia Sektor Pertanian 14. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.Vol 15,No 1, 56-69.
  3. BPS. 2016. Indeks Pembangunan Manusia 2015. BPS, Jakarta.
  4. Dwijayanti, R., Marlena, N., Patrikha, F.D. 2017. Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-Guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani(JPMM). Vol 1, No 2, 249-266.
  5. LIPI. 2012. Pedoman Karya Tulis Ilmiah. LIPI. Jakarta.
  6. Munirah, M., 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol 2 , No 2, 233–245.
  7. Riani, W., 2006. Pembangunan Pendidikan Sebagai Motor Penggerak Ipm Jawa Barat 14. Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan. Vol 22, No 3, 278-291.
  8. Saat, S., 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta'dib. Vol 8, No 2, 1-17.
  9. UNDP. 2017. Human Development Report 2016: Human Development For Everyone.
  10. Kasiyan., Zuhdi, B.M., Hendri, Z., Handoko, A., Sitompul, M. 2019. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol 3, No 1, 47-53.