The Dynamics Educational Model of Pesantren in the National Education System

Authors

  • Yusuf Hasyim UNWAHAS

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v8i1.12649

Abstract

Secara historis pendidikan pesantren telah mengalami beberapa kali perubahan baik terkait model, kurikulum, tujuan, maupun sistem pengelolaannya. Pembaharuan tersebut dilakukan agar pendidikan pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam Indonesia mampu menjawab tantangan dan tuntutan perubahan zaman. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pendidikan Islam pesantren dan dinamikanya dalam sistem pendidikan nasional, karena sampai saat ini pesantren tampaknya masih berada dalam dua pilihan dilematis: apakah pesantren akan tetap mempertahankan tradisinya dengan menjaga nilai-nilai kekhasannya ataukah mengikuti perkembangan zaman dengan segala dinamikanya.Melalui metode library research dengan pendekatan deskriptif analisis, penulis menemukan adanya beberapa model pesantren yang diakui secara legal formal dalam Undang-Undang No. 18 tahun 2019 tentang Pesantren. yaitu; a. Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk pengkajian Kitab Kuning; b. Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk Dirasah Islamiah dengan Pola Pendidikan Muallimin; atau c. Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk lainnya yang terintegrasi dengan pendidikan umum

References

Basyit, Abdul. “Pembaharuan Model Pesantren: Respon Terhadap Modernitas.†Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16, no. 2 (2017): 293–324.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.

Ilyas, Yunahar. Muhammadiyah Dan NU: Reorientasi Wawasan Keislaman. Kerjasama LPPI UMY, LKPSM NU, dan PP Al-Muhsin, 1994.

Indonesia, Republik. “Undang Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.†Dokumen Negara (Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Pesantren), no. 006344 (2019): 48.

Ismail, S M, Nurul Huda, and Abdul Kholiq. “Dinamika Pesantren Dan Madrasah.†Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2002.

Ma’arif, Syamsul. Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2015.

Marijan, Kacung. Quo Vadis NU Setelah Kembali Ke Khittah 1926. Jakarta: Erlangga, 1992.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INSIS, 1994.

Mudzakkir, Ali. “Membangun Model Pendidikan Kehidupan Beragama Berbasis Life Skills Di Pesantren: Studi Kasus Di SMK Roudlotul Mubtadiin Jepara Dan MA Al Hikmah 2 Brebes.†Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan EDUKASI 10, no. 3 (n.d.): 283–97.

Pekapontren, Tim. “Potensi Ekonomi Pondok Pesantren Di Indonesia.†Direktorat Pendidikan Keagamaan Dan Pondok Pesantren Departemen Agama RI, 2004.

Thoha, Zainal Arifin. Kenyelenehan Gus Dur: Gugatan Kaum Muda NU Dan Tantangan Kebudayaan. Gama Media, 2001.

Wijaya, Mirza Mahbub. “Islamic Education Model in Madrasah in The Perspective of Islamic Education Philosophy.†Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies 8, no. 1 (2021): 91–101. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jar/article/view/9375.

Downloads

Published

2022-05-28

Issue

Section

Artikel