PEMODELAN TRIP ATTRACTION KENDARAAN PRIBADI PADA RUMAH MAKAN ( STUDI KASUS: JL. MULYOSARI SURABAYA )

Miftachul Huda

Abstract

Abstract

Every Activities center as school, university, department store, shop, station, terminal, and others can causes movements of vehicles or people. Restaurant or cafe is one of activities center that causes movements of vehicles or people. The purpose of this research is to know the best model of trip attraction of private vehicles to the restaurant or cafe, and the private vehicles in this research is car and motorcycle that entered to parking place, and the locations in this research are McDonald’s, Kafetien88, Double Dipps, Pizza Hut, SAS Cafe & Resto, and Waroeng SS.The analysis of this research is using multiple regression method. In this research using two dependent variable (Y) and they are total motorcycle (Y1) and total car (Y2), and the independent variable (X) is land area (X1) and building area (X2), parking area (X3), total of table (X4), total of employee(X5), and total of menu (X6). The primer data in this research is traffic counting and the secondary data is land area, building area, parking area, total of table, total of employee, and total of menu. The analysis was started with multiple linier regression analysis, t test, F test, and determination and correlation test. The model of trip attraction of motorcycle (Y1) = -24.074 + 0,134 X2 + 1,087 X4 (R2 = 0,978) and the model of trip attraction of private car (Y2) = 1,118 + 0,033 X1+ 0,183 X4 (R2 = 0,994).

 

Keywords: linier regression, modeling, restaurant, Surabaya,trip attraction

 

 

Abstrak

Setiap pusat aktivitas seperti sekolah, universitas, pusat perbelanjaan atau mall, toko, stasiun, terminal, dan lain-lain akan menghasilkan pergerakan baik kendaraan maupun orang. Rumah makan merupakan salah satu pusat kegiatan yang menghasilkan pergerakan baik kendaraan maupun orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model tarikan perjalanan terbaik untuk kendaraan pribadi yang menuju rumah makan, dan kendaraan pribadi pada penelitian ini adalah sepeda motor dan mobil yang masuk parkir lokasi studi dan lokasi studi pada penelitian ini adalah McDonald’s, Kafetien88, Double Dipps, Pizza Hut, SAS Cafe & Resto, dan Waroeng SS. Penelitian ini dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan dua variabel terikat (Y), yaitu jumlah sepeda motor (Y1) dan jumlah mobil pribadi (Y2), dan variabel bebas (X) adalah luas tanah (X1), luas bangunan (X2), luas lahan parkir(X3), jumlah meja makan (X4), jumlah keryawan(X5), dan jumlah menu makanan (X6). Data primer pada penelitian ini adalah survei kendaraan yang masuk parkir dan data sekunder pada penelitian ini adalah luas tanah, luas bangunan, luas lahan parkir, jumlah meja makan, jumlah karyawan, dan jumlah menu makanan. Analisis diawali dengananalisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi dan korelasi. Hasil analisis model tarikan perjalanan sepeda motor (Y1) = -24.074 + 0,134 X2 + 1,087 X4 (R2 = 0,978) dan tarikan perjalanan mobil pribadi (Y2) = 1,118 + 0,033 X1+ 0,183 X4 (R2 = 0,994).

 

Kata Kunci: Kota Surabaya,pemodelan, regresi linier, rumah makan, tarikan perjalanan

References

DAFTAR PUSTAKA

Ghozali, I. (2006), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gunawan, Hendra., Kurniati, Titi., dan Arnaldi, Dedi. (2007), “Pemodelan Tarikan Perjalanan pada Rumah Sakit di Kota Padang”, Teknika, Vol. 3, No. 27, hal. 49-56.

Huda, Miftachul (2014), Pemodelan Tarikan Perjalanan untuk Gedung Pusat Perdagangan Grosir (Wholesale) di Kota Surabaya, Tesis Magister., Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Khisty, C.J, dan Lall, B.K. (2003), Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, Edisi ketiga, Erlangga, Jakarta.

Matondang, Z. (2009), “Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian”, Jurnal Tabularasa Pps Unimed, Vol. 6, No. 1, hal. 87-97.

Mawardi, A.F. (2011), Pemodelan Tarikan Perjalanan ke Kawasan Sekolah (SD Islam Kota Surabaya), Tesis Magister., Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Miro, Fidel. (2004), Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.

Nur, M. (1987), Teori Tes, IKIP Surabaya, Surabaya.

Permain, D., Swanson, J., Kroes, E., Bradley. (1991), Stated Preference Techniques :A Guide to Practice, Steer Davies Gleave and Haque Consulting Group, London.

Supranto, J. (2000), Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi keenam, Erlangga, Jakarta.

Suthanaya, P.A. (2010), “Pemodelan Tarikan Perjalanan Menuju Pusat Perbelanjaan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali”, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 14, No. 2, hal. 102-112.

Tamin, O.Z. (2000), Perencanaan & Pemodelan Transportasi, Edisi kedua, ITB, Bandung.

Timboeleng, J.A. (2011), “Tarikan Pengunjung Kawasan Matahari Jalan Samratulangi Manado”, Jurnal Sabua, Vol. 3, No. 3, hal. 9-19.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/ag.v1i2.334
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30651/ag.v1i2.334.g249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.