Analisis Kinerja Lalu Lintas Akibat Pembangunan Pelabuhan Taddan di Kabupaten Sampang

Sabila Rosadi, Zainal Abidin, Miftachul Huda

Abstract

Abstract

Taddan Port is a new port in Sampang Madura district which is expected to be the center of new activities planned to be operational in 2018, so that traffic performance is needed before and after the Taddan port operation. This study aims to determine the performance of existing traffic before and after the Taddan port operation in unsignalized intersections and interurban road around the Taddan port location and it recommendation. This study was analyzed using the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) with KAJI and Excel software. The primary data in this study are survey peak hour in active day and passive day, geometric survey of road and unsignalized intersections, and environmental conditions while secondary data are population numbers, vehicle growth, location maps, width of Tanglok Port (old) and width of Taddan Port (new). The results of the analysis of the existing traffic performance (2018) with the KAJI and Excel software show that the degree of saturation (DS) of the unsignalized intersection Jl. Mutiara - Jl. Diponegoro, Jl. Prajjan - Jl. Camplong and interurban road Jl. Taddan in the existing conditions are 0.74, 0.73 and 0.65. While the degree of saturation (DS) in the year (2018) with software KAJI and Excel after the Taddan port operation are 0.86, 0.84 and 0.75.

 

Keywords: degree of saturation (DS), MKJI, unsignalized, interurban, port

  

Abstrak

Pelabuhan Taddan adalah pelabuhan baru di kabupaten Sampang Madura yang diperkirakan akan menjadi pusat aktifitas baru yang direncanakan akan beroperasi pada tahun 2018, sehingga perlu diketahui kinerja lalu lintas sebelum dan sesudah pelabuhan Taddan beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas eksisting sebelum dan setelah pelabuhan Taddan beroperasi pada simpang tak bersinyal dan ruas jalan di sekitar lokasi pelabuhan Taddan serta merekomendasikannya. Penelitian ini dianalisis menggunnakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dengan software KAJI dan Excel. Data primer pada penelitian ini adalah survei lalu lintas jam puncak hari aktif dan hari libur, survei geometrik ruas jalan dan simpang tak bersinyal, dan kondisi lingkungan sedangkan data sekunder adalah jumlah penduduk, jumlah pertumbuhan kendaraan, peta lokasi, luas Pelabuhan Tanglok (lama) dan luas rencana Pelabuhan Taddan (baru). Hasil analisis kinerja lalu lintas eksisting (2018) dengan software KAJI dan Excel menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan simpang tak bersinyal Jl. Mutiara - Jl. Diponegoro, Jl. Prajjan - Jl. Camplong dan ruas jalan antar kota Jl.Taddan pada kondisi eksisting memiliki nilai 0.74, 0.73, dan 0.65. Sedangkan nilai derajat kejenuhan pada tahun (2018) dengan software KAJI dan Excel setelah pelabuhan Taddan beroperasi memiliki nilai 0.86, 0.84, dan 0.75.

 

Kata Kunci: derajat kejenuhan (DS), MKJI, tak bersinyal, antar kota, pelabuhan

References

Abidin, Z. (2016). “Studi Revitalisi Angkutan Sungai Sebagai Moda Transportasi Perkotaan di Kota Banjarmaisn”. Jurnal AGREGAT, Vol. 1, No.2, November 2016, Hal 23-32, November 2016. Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surabaya, Surabaya.

Direktorat Jendral Bina Marga Direktorat Bina Jalan Kota. (1997). “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”. Direktorat Jendral Bina Marga Direktorat Bina Jalan Kota, Jakarta.

Huda, M., dkk (2016). “Analisis Derajat Kejenuhan (DS) U-Turn dan Simpang Taman Bungkul Surabaya”. Prosiding, International Symposium of FSTPT, Universitas Islam Indonesia, Oktober, Yogyakarta.

Huda, M. (2016). “Pemodelan Trip Attraction Kendaraan Pribadi pada Rumah Makan (Studi Kasus: Jl. Mulyosari Surabaya)”. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil, Vol. 1, No.2, November 2016, Hal 33-38, November 2016. Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surabaya, Surabaya.

Huda, M. dan Muryanto, D. (2017). “Dampak Pembangunan SMPN 3 Blitar Terhadap Kinerja Lalu Lintas Sekitarnya”. Jurnal AGREGAT, Vol. 2, No.1, Mei 2017, Hal 14-20, Mei 2017. Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surabaya, Surabaya.

Menteri Perhubungan. (2015). “Peraturan Menteri Perhubungan Nomer 75 Tahun 2015”. Menteri Perhubungan, Jakarta.

Pemerintah Indonesia. (2011). “Peraturan Pemerintah Indonesia Nomer 32 Tahun 2011”. Pemerintah Indonesia, Jakarta.

Safitri, R. (2013). “Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Hartono Lisfestyle Mall di Solo Baru”. Skripsi, Teknik, Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wibisono, E. (2017). “Andalalin Teluk Lamong”. Laporan tugas Andalalin. Program Studi Pasca Sarjana Teknik Sipil ITS bidang keahlian Manajemen & Rekayasa Transportasi, Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.