Perencanaan Bulbous Bow Tipe Baru dengan Konsep Moncong Ikan Layar (Sailfish) Terhadap Nilai Resistance Total pada Kapal Fast Seagoing Cargo Ship dengan Menggunakan Maxsurf dan CFD

Isi Artikel Utama

edi djatmiko
tony bambang mursyidi
yafi adiwiradikna

Abstrak

Bulbous bow adalah lambung tambahan pada bagian depan kapal yang digunakan oleh desainer sebagai andalan untuk mereduksi wave making resistance dengan cara memanipulasi gelombang pada haluan kapal agar gelombang yang dihasilkan adalah kecil. Ikan Layaran atau biasa disebut ikan Sailfish di dunia barat adalah seekor ikan laut yang dinobatkan sebagai ikan tercepat di dunia dengan kecepatan gerak maksimal mencapai 110 km/h dan memiliki ciri-ciri kepala dengan moncong yang tajam. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis berkeinginan untuk mengembangkan desain bulbous bow konvensional ke bulbous bow tipe ikan layar dengan hipotesis memperkecil tekanan pada bagian haluan agar menghasilkan gelombang yang relatif lebih kecil dibandingkan bulbous bow konvensional yang pada waktu tertentu menghasilkan gelombang terlalu besar sehingga interferensi gelombang sedikit belum efisien. Penelitian kali ini menggunakan metode campuran dan menganalisis dengan menggunakan CFD. Berdasarkan hasil pengujian nilai tahanan kapal, bulbous bow konvensional masih memiliki nilai tahanan kapal rata-rata lebih kecil 32% dibandingkan sailfish bulb dikarenakan pada sailfish bulb memiliki bentuk yang terlalu lancip sehingga tekanan fluida pembuat gelombang terlalu kecil dan berakibat tidak efisiennya proses interferensi gelombang. Dengan demikian, maka penggunaan sailfish bulbous bow dengan rancangan tersebut pada kapal ro-ro dapat dikatakan tidak lebih atau belum efisien dibandingkan bulb konvensional.

Rincian Artikel

Referensi

  1. A. M. Kracht, ‘Design of bulbous bows’, SNAME Transactions, vol. 86, no. 1, pp. 197–217, 1978.
  2. W. Sagong, W.-P. Jeon, and H. Choi, ‘Hydrodynamic characteristics of the sailfish (Istiophorus platypterus) and swordfish (Xiphias gladius) in gliding postures at their cruise speeds’, PloS one, vol. 8, no. 12, 2013.
  3. S. A. Harvald, Resistance and propulsion of ships. 1992.
  4. J. B. Hadler, ‘Coefficients for international towing tank conference 1957 model-ship correlation line’, David Taylor Model Basin, Navy Department, Washington 7 DC, USA, Report 1185 of the Hydromechanics Laboratory, 1958.
  5. D. Weicker, ‘Bulbous bow construction of a vessel’, Jul. 15, 1969.
  6. C. Hirsch, Numerical computation of internal and external flows: The fundamentals of computational fluid dynamics. Elsevier, 2007.
  7. A. Papanikolaou, Ship design: methodologies of preliminary design. Springer, 2014.