Analisa Teknis Modifikasi Kapal Rib Bl S 32 Dengan Pendekatan Cfd (Computational Fluid Dynamics)

Isi Artikel Utama

ahmad fauzi
zaed yuliadi
dedy wahyudi

Abstrak

Kapal RIB BL S32 awalnya didesain untuk kepentingan militer sehingga ada beberapa fungsi kapal yang kurang maksimal apabila digunakan untuk penunjang kegiatan SAR yaitu tidak adanya kabin atau bangunan atas yang berfungsi untuk melindungi crew dan penumpang kapal dari cuaca dan jatuh ke laut, dalam skripsi ini akan dilakukan modifikasi kapal dengan menambah bangunan atas atau kabin dan sebelumnya dilakukan analisa teknis dari segi stabilitas, daya mesin dan kecepatan kapal. Metode yang digunakan dengan pendekatan CFD menggunakan software Maxsurf dan Solidwork. Hasil analisa menunujukkan bahwa kapal setelah dimodifikasi memenuhi kriteria IMO, kapal sebelum dimodifikasi memiliki stabilitas lebih baik dari pada kapal setelah dimodifikasi karena memiliki panjang dan sudut GZ yang lebih besar, sebelum dimodifikasi panjang GZ (0.38 m) dan sudut GZ (42.7 deg), setelah dimodifikasi panjang GZ (0.333 m) dan sudut GZ (40.9 deg), dengan kecepatan yang sama yaitu 30 Knot kapal setelah dimodifikasi membutuhkan daya mesin yang lebih besar yaitu 404.6 HP dibandingkan kapal sebelum dimodifikasi yang hanya membutuhkan daya mesin 398.5 HP sedangkan daya mesin terpasang sebesar 2 x 200 HP.

Rincian Artikel

Referensi

  1. IMO. (1993). Resolution A. 749 (18) Code on Intact Stability for All Type
  2. of Ships Covered by IMO Instrumens.
  3. Undang-undang No .17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran
  4. Biro Klasifikasi Indonesia BKI, Rulesfor Non Metallic Materials Part 1, Edisi 2006
  5. S. Alameda St. Compton, Fiberglass and Composite Material Design Guide, Januari, 2011.
  6. West System, Inc., Bay City, Michigan, USA -Fiberglass Boad Repair and Maintenance, 14 th Edition-December,2006.
  7. Barrast, C. B, (2012). Ship Stability for Master and Mate (7th edition)
  8. Barrast, C.B.Dr. 2004. Ship Design and Performance For Master and Mates. Elsevier.UK.
  9. Derret, D.R. 2001. Ship Stability for master and mates. Butterworth-Heinemann, Woburn
  10. Wakidjo, P. 1972. Stabilitas Kapal Jilid II “Penuntun Dalam Menyelesaikan Masalah†Yogyakarta.
  11. Savitsky Daniel, Ward Brown P. “Procedures for Hydrodynamis Evaluation of Planing Hulls in Smooth and Rough Water“, Marine Technology, Vol 13 No.4 (1976).
  12. Clement E.P, Blount D, “Resistance Test of Systematic Series of Planning Hull Forms.†Tans., SNAME Vol 71, (1963).
  13. Gassemi, H., “A Hydrodynamic Methodology and CFD Analysis for Performance Prediction of Stepped Planing Hull,†Polish Marit. Res., vol. 22, pp. 23–31, 2015.
  14. Andriyanto RD, Manfaat D. “Penentuan Ukuran Utama Kapal dengan Metode Basis Ship Menggunakan Sistem Komputer†jurnal teknik POM ITS Vol. 2, No. 1, (2013)
  15. Wulan AN. 2015. “Tutorial Membuat Kapal Menggunakan Aplikasi Maxsurf†Universitas Brawijaya Malang
  16. http://www.maritimeworld.web.id/2013/07/ Pengertian Istilah. Di ambil dari Pengertian Istilah: Apa-Yang-Di-Maksud-Dengan-GRT-NRT-TPC-FWA-DWA-LOA-LBP.html
  17. https://indonesiaproud.wordpress.com/2010/11/19/black-liger-s32-kapal-patroli-laut-anti-peluru-buatan-pt-bay-industrial-indonesia/
  18. http://gerrynaval.blogspot.co.id/2010/12/hambatan-kapal.html
  19. https://www.academia.edu/12216853/ “SHIP RESISTANCE HAMBATAN KAPALâ€
  20. https://www.solidworks.com/3D CAD Design Software | SOLIDWORKS
  21. https://www.slideshare.net/cruzsarwan/buku-soliworks