Perhitungan Hambatan Kapal Ikan Tradisional di Pelabuhan Kapal Ikan Lamongan

Isi Artikel Utama

ahmad ali fauzi

Abstrak

Kapal nusantara adalah kapal yang beroperasi di perairan indonesia, banyak jenis kapal yang beroperasi diperairan nusantara, salah satunya kapal ikan tradisional yang beroperasi di perairan lamongan dan sekitarnya, setiap daerah pasti memiliki bentuk, spesifikasi, dan proses pengoperasiannya sendiri, begitu juga dengan hambatan yang berbeda beda pada setiap kapal, pada kenyataan yang ada ukuran kapal yang seharusya sesuai dengan lines plan diubah oleh pemilik kapal dan yang akhirnya ukuran dan tahanan kapal ikut berubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa nilai 5 bentuk tahanan lambung kapal dengan menggunakan ukuran kapal yang sesungguhnya dan berapa kecepatan aliran fluida kapal yang di ambil secara random dengan memilih di jarak yang berbeda yang ada di pelabuhan Lamongan, dengan menggunakan software Computational Fluid Dynamic (CFD)  dan untuk mempermudah pembuatan desain 3 Dimensi, akan menggunakan software rhinoceros sehingga tahanan kapal yang sudah diubah oleh pemilik kapal akan diketahui menggunakan metode Ansys Fluent dari hasil simuasi CFD didapatkan hasil kapal Kapal Ikan PUTRI SOFIA memiliki gaya gesek yang cukup tinggi pada bagian bawah belakang dengan hasil 11.708 (N/m2), Kapal Ikan PUTRI SHOLEKHAH 10.035 (N/m2), Kapal Ikan GHEA JAYA 9.199 (N/m2), Kapal Ikan PAUL JAYA 9.199 (N/m2), Kapal Ikan NABILA UTAMA 10.035 (N/m2).

Rincian Artikel

Referensi

  1. Almuslim. (2016). Jurnal Pendidikan Almuslim, Vol.IV No.1 Januari 2016. 1.
  2. Azis, M. A., Iskandar, B. H., & Novita, Y. (2017). Rasio Dimensi Utama dan Stabilitas Statis Kapal Purse Seine Tradisional di Kabupaten Pinrang. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis, 9(1), 19. https://doi.org/10.29244/jitkt.v9i1.17914
  3. Baharudin. Y. N., Budiarto. U., dan I. M. (2015). Estimasi Hambatan Total Kapal Tanker KVLCC2M Dengan Menggunakan CFD. Jurnal Teknik Perkapalan. Vol 3 (4). 3(4), 428–438.
  4. Gavelli, F., Bullister, E., & Kytomaa, H. (2008). Application of CFD (Fluent) to LNG spills into geometrically complex environments. Journal of Hazardous Materials, 159(1), 158–168. https://doi.org/10.1016/j.jhazmat.2008.02.037
  5. Ko, K. H. (2013). A Survey: application of geometric modeling techniques to ship modeling and design. International Journal of Naval Architecture and Ocean Engineering, 2(4), 177–184. https://doi.org/10.2478/IJNAOE-2013-0034
  6. Kurniawan, B., Winarno, A., & Indiaryanto, M. (2018). ANALISA TAHANAN KAPAL PATROLI DENGAN HALUAN AXE BOW. 39–43.
  7. Rachman, R., & Pranatal, E. (n.d.). Analisis perbandingan metode simulasi software maxsurf dengan metode matematis untuk perhitungan hambatan dan daya mesin utama kapal tanker 6500 dwt. 193–201.