Validasi Foil dan Kapal Hydrofoil Supported Catamaran (Hysucat)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi menghasilkan kapal katamaran ditambah foil untuk menghasilkan kapal yang lebih cepat dan efisien. Hydrofoil Supported Catamaran (Hysucat) merupakan kapal jenis hybrid yaitu penggabungan kapal katamaran dengan hydrofoil yang dirancang Karl-Gunther W.Hoppe untuk mengurangi hambatan kapal. Hysucat dirancang memiliki satu main foil yang berada dibawah LCG kapal dan dekat dengan garis lunas serta menjadi penghubung dua demihulls. Hysucat juga memiliki trim foil pada bagian belakang kapal yang terdiri dari dua foil dengan ukuran setengah dari ukuran main foil. Pada penelitian ini akan menggunakan metode numerik untuk menyelesaikan permasalahan turbulensi dengan menggunakan RANS. CFD pada penelitian ini akan menggunakan dua fasa yaitu air dan udara. Pada penelitian ini akan menganalisa bentuk aliran yang akan digunakan pada penelitian selanjutnya, sebagai inisiasi penggunaan foil pada kapal katamaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa foil 63(1)412 dan kapal katamaran menghasilkan nilai yang mirip antara perhitungan numerik dengan eksperimen.
Â
Rincian Artikel
Referensi
- A. Najafi, H. Nowruzi, and H. Ghassemi, “Performance prediction of hydrofoil- supported catamarans using experiment and ANNs,†Appl. Ocean Res., vol. 75, pp. 66–84, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.apor.2018.02.017.
- K. G. W. Hoppe, “U . S . Patent Aug 11 , 1987,†1987.
- R. Y. Dikantoro and I. K. Suastika, “Analisis Hambatan Penggunaan Hydrofoil pada Katamaran Menggunakan CFD,†J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, 2018.
- D. Ade et al., “Analysis of Swept Main Foil’s Angle Change Againts Lift & Resistance on Hydrofoil Supported Catamaran (Hysucat),†vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2020.
- Winda and Wet, “NACA 63-412 AIRFOIL,†2020. http://airfoiltools.com/airfoil/details?airfoil=n63412-il.
- T. Tezdogan, Y. K. Demirel, P. Kellett, M. Khorasanchi, A. Incecik, and O. Turan, “Full-scale unsteady RANS CFD simulations of ship behaviour and performance in head seas due to slow steaming,†Ocean Eng., vol. 97, pp. 186–206, 2015, doi: 10.1016/j.oceaneng.2015.01.011.
- ITTC, “Practical Guidelines for Ship CFD Applications,†ITTC – Recomm. Proced. Guidel. ITTC, pp. 1–8, 2014.