Penyebab Kegagalan Sistem Pendingin Mesin Kapal Ikan (Engine Cooling System) Di Kabupaten Lamongan

Main Article Content

agung laksono
Dwi Setiono

Abstract

Sistem pendingin adalah sekumpulan komponen tambahan pada sistem untuk mencegah terjadinya engine overheat. Melalui sistem ini, temperatur mesin akan dijaga agar tidak berlebihan. Tetapi pada saat ini, di lapangan sering terjadinya overheat pada sistem pendingin itu sendiri. Overheat ini disebabkan oleh berbagai komponen penunjang sistem cooling yang mengalami kerusakan. Diantaranya connecting rod, cylinder liner, valve, fan belt, radiator, water pump, filter, piston, hose. Penelitian  ini menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa Penyebab utama dari kegagalan sistem pendingin yaitu, Tidak adanya prosedur yang mengatur tentang kelayakan system/mesin pada pelayaran kapal ikan, supply lubricating oil tidak terkontrol dikarenakan alat untuk pengecekan volume oli tidak ada, yaitu alat oil pressure meter, sehingga peralatan yang membutuhkan pelumasan mudah mengalami kerusakan, water pump mudah mengalami kebocoran dikarenakan saringan yang berlubang dan coolant yang tidak baik.

Article Details

References

  1. Priharanto, Latif, & HS, 2017 Penilaian Risiko Pada Mesin Pendingin Di Kapal Penangkap Ikan Dengan Pendekatan FMEA. 24-25.
  2. Saputra, R. S. H., Priharanto, Y. E., & Latif A, M. Z. (2018). Failure Mode and Effect Analysis (Fmea ) Applied for Risk Assessment of Fuel Oil System on Diesel Engine of Fishing Vessel. ARPN Journal of Engineering and Applied Science, 13 (21), 8414–8420.
  3. Bishop, R. R., Church, M. J., & Rowley-conwy, P. A. (2015). Durham Research Online woodlands. 44 (December 2014). Durham University.
  4. Rahman, M.Y. 2011. Sistem Pendingin Pada Kendaraan Ringan. Yogyakarta. Skripta Media Creative.
  5. Syafiq, Marsa, and Sally Cahyati. 2018. “Analisis Sistem Perawatan Unit Caterpillar Track Type Tractor D5K Dengan Pendekatan Fault Tree Analysis.†Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan 4(Buku 1): 463–69.
  6. Febriyanti, eka. (2010). ANALISA KERUSAKAN CONNECTING ROD PADA MESIN DIESEL KENDARAAN BERMOTOR. 219.
  7. Febriyanti, eka, dkk. (2017) ANALISIS KEGAGALAN IMPELLER PENYEBAB KERUSAKAN POMPA AIR KAPAL LAUT. 93.
  8. Mustain ling. (2020). PENURUNAN TEKANAN PADA POMPA AIR LAUT PADA MESIN INDUK KAPAL.32-33.