EVALUASI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PROGRAM KULIAH REFRAKSI-OPTISI, DARI SUDUT PANDANG ANALISA KEBUTUHAN
Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi metode dan materi perkuliahan bahasa Inggris di akademi Refraksi dan Optisi. Sebagai lembaga pendidikan kejuruan, pada umumnya akademi-akademi Refraksi dan Optisi menerapkan pendekatan ESP (English for Spesific Purposes) untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa terhadap Bahasa Inggris praktis dan terapan. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa penerapan metode ESP dapat memberi hasil maksimal hanya jika para peserta didik telah memiliki pengetahuan memadai tentang dasar-dasar Bahasa Inggris sebagaimana dikemukaka oleh Kennedy dan Bolitho (1984). Hal ini terbukti dari hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa kurangnya penguasaan kosa kata, tenses dan grammar merupakan hambatan utama bagi mahasiswa dalam mencerna materi-materi Bahasa Inggris yang diajarkan dengan pendekatan ESP di ARO GAPOPIN (Akademi Refraksi Optisi Gabungan Pengusaha Optik Indonesia) Pondok Aren, Tangerang. Setelah melakukan analisa kebutuhan, penulis kemudian menyarankan pentingnya mahasiswa mengikuti mata kuliah General English sebelum mengikuti mata kuliah bahasa Inggris dengan pendekatan ESP. Penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner dan wawancara yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif dalam pembahasan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ammon, Ulrich. 2017. From a Village Outlook to a Global Overview: an Autoetnographic Report of Change in Socioliguistic Research Question dalam Maryam Borjyan (ed.), Language and Globalization: An Autoetnographic Approach. Oxforshire: Taylor & Francis
Donesh-Jezo, Ewa. 2012. English for Specific Purpose: What Does it mean and why is it different fro teaching General English. Conference Paper. Dimuat dalam https://www.researchgate.net/publication/340390161_English_for_Specific_Purposes_What_does_it_mean_and_why_is_it_different_from_teaching_General_English
Hutchinson, T. and Waters, A. (1987). English for Specific Purposes: A Learner-Centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press.
Jordao, Clarissa Menezes. 2009. English As A Foreign Language, Globalisation And Conceptual Questioning. Journal of Globalisation, Societies and Education, v.7, n.1
Kennedy, C. and Bolitho, R. 1984. English for Spesific Purpose. London: Macmillan
McNeil, John D. 1985. Curriculum: A Comprehensive Indtroduction. Boston: Little Brown
Morrison, Gary R. et al. 2010. Designing Effective Instruction. New Jersey: John Wiley & Sons
Sönmez, Hülya. 2019. An Examination of Needs Analysis Research in the Language Education Process. International Journal of Education & Literacy. Versi daring dapat diakses di https://www.researchgate.net/publication/331813254_An_Examination_of_Needs_Analysis_Research_in_the_Language_Education_Process
Watkins, Ryan et al. 2012. A Guide to Assessing Needs. Washinton DC: The WorldBank
Penulis
Hak Cipta (c) 2023 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.