EVALUASI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PROGRAM KULIAH REFRAKSI-OPTISI, DARI SUDUT PANDANG ANALISA KEBUTUHAN

Murni Marlina Simarmata (1)
(1) Akademi Refraksi Optisi dan Optometri Gapopin - Aro Gapopin, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi metode dan materi perkuliahan bahasa Inggris di akademi Refraksi dan Optisi. Sebagai lembaga pendidikan kejuruan, pada umumnya akademi-akademi Refraksi dan Optisi menerapkan pendekatan ESP (English for Spesific Purposes) untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa terhadap Bahasa Inggris praktis dan terapan. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa penerapan metode ESP dapat memberi hasil maksimal hanya jika para peserta didik telah memiliki pengetahuan memadai tentang dasar-dasar Bahasa Inggris sebagaimana dikemukaka oleh Kennedy dan Bolitho (1984). Hal ini terbukti dari hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa kurangnya penguasaan kosa kata, tenses dan grammar merupakan hambatan utama bagi mahasiswa dalam mencerna materi-materi Bahasa Inggris yang diajarkan dengan pendekatan ESP di ARO GAPOPIN (Akademi Refraksi Optisi Gabungan Pengusaha Optik Indonesia) Pondok Aren, Tangerang. Setelah melakukan analisa kebutuhan, penulis kemudian menyarankan pentingnya mahasiswa mengikuti mata kuliah General English sebelum mengikuti mata kuliah bahasa Inggris dengan pendekatan ESP. Penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner dan wawancara yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif dalam pembahasan.

Referensi

Read More

Penulis

Murni Marlina Simarmata
murnismart20@gmail.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

Murni Marlina Simarmata, Akademi Refraksi Optisi dan Optometri Gapopin - Aro Gapopin

Murni Marlina Simarmata, S.S., M.Pd

Rincian Artikel