PERMAINAN TRUTH OR DARE BERBANTUAN SPIN THE WHEEL: STRATEGI PEMBELAJARAN BERBICARA UNTUK PEMELAJAR BIPA KOREA SELATAN
Abstrak
Tujuan riset ini adalah untuk memaparkan aktivitas serta respons pemelajar BIPA terhadap pembelajaran berbicara menggunakan permainan Truth or Dare berbantuan aplikasi Spin the Wheel. Pembelajaran ini digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran berbicara bahasa Indonesia bagi penutur asing. Riset ini menggunakan metode kualitatif. Adapun partisipan di dalam riset ini adalah pemelajar BIPA Korea Selatan yang berkuliah di Global Young Business Manager. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil riset, ditemukan bahwa aktivitas pembelajaran berbicara dengan permainan Truth or Dare berbantuan aplikasi Spin the Wheel dapat dijadikan salah satu strategi pembelajaran berbicara bagi pemelajar BIPA. Hal ini dilihat dari seluruh aktivitas pembelajaran yang berjalan dengan baik dan efektif.
kata kunci: permainan truth or dare, strategi pembelajaran; pembelajaran berbicara BIPA
Artikel teks lengkap
Referensi
Arifin, R. & Irawan, E. (2020). The effectiveness of discovery learning with truth or dare technique in improving students logical thinking ability. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 121—129.
Attaqiana, M.R., Saptorini, S. & Binadja, A. (2016). Pengembangan media permainan truth and dare bervisi sets guna memotivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1798—1806.
Budiyono, S. (2020). Pengajaran Bahasa dan Sastra di Era Digital (Era Digital, Era Masyarakat Global). Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 54—61.
Creswell, J. W. (1998). Qualitatif inquiry and research design. Sage Publications, Inc: California.
Faizin, F. & Isnaini, M. (2018). Peningkatan kemampuan berbicara pemelajar BIPA level dasar dengan menggunakan kartu kosa kata. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 42—47.
Hibra, B.A. & Soejoto, A. (2016). Analisis pengembangan media permainan truth and dare untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1—5.
Jazeri, M. (2016). Model perangkat pembelajaran keterampilan berbicara dengan pendekatan komunikatif kontekstual bagi mahasiswa asing. LITERA, 15(2), 217—226.
Jocelyna, R. R. A. (2019). Penerapan teknik drill berbantuan media video skype dalam pembelajaran berbicara BIPA 1. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.
Junpaitoon, P. (2017). Enrichment of vocabulary in BIPA learning for beginner Thai students. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education, 1(1), 88—103.
Kusmiatun, A., Suyitno, I., HS, W., & Basuki, I. H. (2017). Identifying features of Indonesian for speakers of other languages (BIPA) learning for academic purposes. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(4), 197—207.
Maharani, T. & Astuti, E.S. (2018).Pemerolehan bahasa kedua dan pengajaran bahasa dalam pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 10(1), 121—142.
Nasrudin, N., Kartini, K. & Kusnadi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran permainan truth and dare kelas V SDS Muhammadiyah 3 AL-HILAL TARAKAN. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 2(1), 47—56.
Nurfitriani, D. (2014). Pemanfaatan media monopoli modifikasi dengan metode simulasi dalam pembelajaran berbicara BIPA tingkat mahir. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.
Permana, A., & Rochmawati. (2020). Pengembangan media pembelajaran permainan truth and dare pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X akuntansi di SMK Negeri 1 Sambeng Lamongan. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 162—167.
Rahayu, W. & Martini. (2019). Penggunaan media truth or dare pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 7(2), 279—283.
Ramadhani, R.P., Hs, W. & Harsiati, T. (2016). Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 326—337.
Restian, A., Muzakki, A. & Purnamasari, W.I. (2020). Model pembelajaran talking stick melalui permainan truth or dare pada tari bungong jeumpa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Satwika, 4(1), 1—9.
Richards, Jack C., Platt, J. & Platt, H. (1993). Longman dictionary of language teaching and applied linguistics. London: Longman.
Rizkita, P.D. (2018). Penerapan teknik bercerita berpasangan melalui cerita rakyat lintas budaya pada pembelajaran berbicara BIPA tingkat menengah. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.
Rizqiyah, N.A. (2018). Pengembangan media pembelajaran permainan truth and dare untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 277—281.
Rosita, F.Y. (2019). Pengembangan teknik interactive-communicative games untuk keterampilan berbicara BIPA kelas pemula. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 51—60.
Stern, H. H. (1992). Issues & options in language teaching. Oxford: Oxford University Press.
Sugiyono. (2011). Metode peneltian pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Sujinah, S., Setyorini, D., Yunianti, S. & Isnah, E.S. (2019). Developing reading comprehension assessment based adobe flash Cc2015 for BIPA intermediate level. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(3), 460—466.
Suyitno, I. (2017). Deskripsi empiris dan model perangkat pembelajaran BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.
Wahyono, T. & Farahsani, Y. (2017). Penerapan pendekatan proses untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa indonesia bagi penutur asing. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 204—220.
Wenden, A. L. & Rubin, J. (1987). Learner strategies in language learning. New Jersey: Prentice Hall.
Widianto, E., (2017). Media wayang mini dalam pembelajaran keterampilan berbicara bagi pemelajar BIPA A1 Universitas Ezzitouna Tunisia. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1), 120—143.
Zulfa, P.F. & Triyono, S., (2018). “Visit My Stallâ€, A game for learning Indonesian as a foreign language (BIPA). PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 8(1), 1—11.
Penulis
Hak Cipta (c) 2023 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.