PERMAINAN TRUTH OR DARE BERBANTUAN SPIN THE WHEEL: STRATEGI PEMBELAJARAN BERBICARA UNTUK PEMELAJAR BIPA KOREA SELATAN

Aswan Aswan (1)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstrak

Tujuan riset ini adalah untuk memaparkan aktivitas serta respons pemelajar BIPA terhadap pembelajaran berbicara menggunakan permainan Truth or Dare berbantuan aplikasi Spin the Wheel. Pembelajaran ini digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran berbicara bahasa Indonesia bagi penutur asing. Riset ini menggunakan metode kualitatif. Adapun partisipan di dalam riset ini adalah pemelajar BIPA Korea Selatan yang berkuliah di Global Young Business Manager. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil riset, ditemukan bahwa aktivitas pembelajaran berbicara dengan permainan Truth or Dare berbantuan aplikasi Spin the Wheel dapat dijadikan salah satu strategi pembelajaran berbicara bagi pemelajar BIPA. Hal ini dilihat dari seluruh aktivitas pembelajaran yang berjalan dengan baik dan efektif.

kata kunci: permainan truth or dare, strategi pembelajaran; pembelajaran berbicara BIPA

Referensi

Read More

Penulis

Aswan Aswan
hikayatashwansha@upi.edu (Kontak utama)
Biografi Penulis

Aswan Aswan, Universitas Pendidikan Indonesia

Perkenalkan nama saya Aswan. Saya seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Pendidikan Indonesia. Saya sedang mengambil konsentrasi bahasa bagi penutur asing di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Rincian Artikel