MAKNA IMPLIKATUR PERCAKAPAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT KOTA MAKSSAR

Sitti Aida Azis (1), Syafruddin Syafruddin (2), Rosmini Madeamin (3)
(1) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian adalah menjawab masalah yaitu mendeskripsikan makna implikatur percakapan iklan layanan masyarakat Kota Makassar. Menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memanfaatkan ilmu Pragmatik sebagai alat analisis. Data sebanyak 7 (tujuh) gambar iklan. Sumber data, jalan protokol kota Makassar.  Hasil  atau simpulan penelitian adalah, ketujuh gambar iklan mengajak, memnghimbau, menganjurkan, memerintahkan kepada masyarakat Makassar bahwa: (1) jangan keluar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak karena penambahan kasus corona makin meningkat; (2 dengan menggunakan semen tonasa pembangunan akan aman, kokoh, terpercaya; (3) Blibli  adalah penitipan barang yang aman dan terpercaya; (4) pegipegi adalah layanan pemesanan tiket murah dan mudah, cukup menggunakan ponsel pintar; (5) merokok membahayakan kesehatan; (6) BCA adalah bank yang terpercaya dengan transaksi mudah dan aman; dan (7) seorang pemimpin adalah panutan bawahannya.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adityarini. 2013 “Belajar Ilmu Bahasa†dalamlogspot.com, Selasa 30 Juni 2020

Dardjowidjojo. Penyunting Pellba l (Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atma Jaya I. Jakarta: Lembaga Bahasa Atma Jaya.

Gunarwan, Asim. 1994. “Pragmatik: Pandangan Mata Burungâ€. Dalam Soenjono Rekan Sejati: Festchrift Buat Pak Anton.Jakarta: Lembaga Bahasa Atma Jaya.

Goleman, Daniel., Richard Boyatzis, Annie McKee. 2007. Primal Leadership. New York: Bantam.

Halliday, M.A.K. dan R. Hasan. l979. Cohesion in English. London: Longman.

Hutomo, Suripan Sadi. 1991. Filologi Sastra Lisan. Surabaya: Lautan Riski.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan M.D.D. Oka dari

judul asli The Principles of Pragmatics. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Notonagoro. 2003. Pancasila Secara Ilmiah Populer, Jakarta: Bumi Aksara.

Poedjawiyatna, 2003. Etika Filsafat Tingkah Laku. Jakarta:Rineka Cipta.

Purwo ,Kaswanti, B. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius.

Santosa, Galih. 2010. Berbahasa Santun Menurut Perpektif Al-Quran. dalam www.wordpress.com. Tanggal 28 Oktober 2010,

Wandykumis.2010. “Makna dan Pesan Iklan Media Cetakâ€. Kajian Hipersemiotika. Dalam https://wandykumis.wordpress.com , Selasa 30 Juni 2020.

Penulis

Sitti Aida Azis
sittiaidaazis@unismuh.ac.id (Kontak utama)
Syafruddin Syafruddin
Rosmini Madeamin

Rincian Artikel