MAKNA IMPLIKATUR PERCAKAPAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT KOTA MAKSSAR

Sitti Aida Azis (1), Syafruddin Syafruddin (2), Rosmini Madeamin (3)
(1) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian adalah menjawab masalah yaitu mendeskripsikan makna implikatur percakapan iklan layanan masyarakat Kota Makassar. Menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memanfaatkan ilmu Pragmatik sebagai alat analisis. Data sebanyak 7 (tujuh) gambar iklan. Sumber data, jalan protokol kota Makassar.  Hasil  atau simpulan penelitian adalah, ketujuh gambar iklan mengajak, memnghimbau, menganjurkan, memerintahkan kepada masyarakat Makassar bahwa: (1) jangan keluar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak karena penambahan kasus corona makin meningkat; (2 dengan menggunakan semen tonasa pembangunan akan aman, kokoh, terpercaya; (3) Blibli  adalah penitipan barang yang aman dan terpercaya; (4) pegipegi adalah layanan pemesanan tiket murah dan mudah, cukup menggunakan ponsel pintar; (5) merokok membahayakan kesehatan; (6) BCA adalah bank yang terpercaya dengan transaksi mudah dan aman; dan (7) seorang pemimpin adalah panutan bawahannya.

Referensi

Read More

Penulis

Sitti Aida Azis
sittiaidaazis@unismuh.ac.id (Kontak utama)
Syafruddin Syafruddin
Rosmini Madeamin

Rincian Artikel