NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL NOVEL DIFFERENT: KETIKA PERBEDAAN BUKAN SEBUAH PENGHALANG KARYA IRMA T. LESTARI

Setijani Setijani (1)
(1) SDN Ploso V Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan: (1) menghargai  perbedaan  Suku;  (2)  menghargai perbedaan  agama;  (3)  menghargai perbedaan ras; dan (4) menghargai perbedaan budaya yang terkandung dalam novel Different Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah sosiologi sastra. Objek penelitiannya adalah Novel: Different dan analisis datanya menggunakan model interakcrive dari Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural novel Different adalah mencakup beberapa hal. (1) Nilai menghargai perbedaan suku tercermin dalam sikap saling menghormati dan saling menghargai antar tokoh suku atau etnis China dengan tokoh-tokoh suku Jawa dan Bali. Mereka dapat hidup damai dan rukun mulai SD sampai perguruan tinggi; (2) Nilai menghargai perbedaan agama tercermin dalam sikap saling menghormati dan saling menghargai antar tokoh dalam novel, antara tokoh dengan orang tuanya, antara tokoh dengan dosen dan teman-temannya yang berbeda agama; (3) Nilai menghargai perbedaan ras tercermin dalam sikap saling menghormati dan saling menghargai antara tokoh yang memiliki ciri-ciri fisik China dengan tokoh yang memiliki ciri-ciri fisik suku Jawa dan Bali; dan (4) Nilai menghargai perbedaan budaya tercermin dalam sikap saling menghormati dan saling menghargai antara tokoh yang memiliki budaya China yang beragama Konghucu dengan tokoh yang  memiliki budaya Jawa yang berama Islam, dan tokoh yang memiliki budaya Bali  yang beragama Hindu dan Kristen.

Referensi

Read More

Penulis

Setijani Setijani
Setijani535@yahoo.com (Kontak utama)

Rincian Artikel