Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif SQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa EFL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan 36 mahasiswa EFL dari Program Studi Tadris Bahasa Inggris di IAIN Jember dalam membaca pemahaman dengan menerapkan metode SQ4R. Untuk mencapai tujuan tersebut, desain penelitian tindakan kelas kolaboratif digunakan dengan mengikuti empat tahap: perencanaan, implementasi, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana siklus pertama dan siklus kedua dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik ini terdiri dari lima tahap; survey, question, read, reflect, recite, and review. Langkah-langkah survey dan question diimplementasikan dalam pre-reading, langkah-langkah reading dan reflect diimplementasikan dalam whilst reading, sedangkan langkah-langkah recite dan review dilaksanakan dalam post-reading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ4R mampu meningkatkan kemampuan membaca dan partisipasi mahasiswa di kelas.
Artikel teks lengkap
Referensi
Basar, M., & Gurbuz, M. (2017). Effect of the SQ4R Technique on the Reading Comprehension of Elementary School 4th Grade Elementary School Students. International Journal of Instruction, 2, 131–144.
Brassell, D., & Timothy, R. (2008). Comprehension that Works Taking Students Beyond Ordinary Understanding to Deep Comprehension. Shell Education.
Brown, H. D. (2007). Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy (Second Edi). Person Education, Inc.
Coon, D., & Mitterer, J. O. (2013). Psychology: A Journey. Cengage Learning.
Hennings, D. C. (1997). Communication in Action: Teaching Literature-Based Language Arts (Sixth Edit). Houghton Mifflin Company.
Huber, J, A. (2004). A Closer Look at SQ3R. Journal Article, 41(4), 210–222.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Lestari, T. R. R. (2011). Implementing SQ3R Strategy to Improve the Students’ Reading Comprehension. The State University of Malang.
Peregoy, S. F., & Boyle, O. F. (2017). Reading, Writing, and Learning in ESL: A Resource Book for Teaching K-12 English Learners (Seventh Ed). Pearson Education, Inc.
Ratmaningsih, N. M. (2019). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. PT Rajagrafindo Persada.
Renandya, W., & Jacobs, G. M. (2017). Cooperative Learning: Addressing Implementation Issues. Indonesian JELT, 12(2), 101–113.
Sada, H. C., & Novita, D. (2015). Improving Students’ Reading Comprehension on Recount Text. Jurnal Pendidikan Pembelajaran, 4(6).
Santi, K. L., & Editors, D. K. R. (2015). Improving Reading Comprehension of Middle and High School Students. Springer International Publishing Switzerland.
Shea, M., & Roberts, N. (2016). The Fives Strategy for Reading Comprehension. Learning Sciences International.
Snow, C. (2002). Reading for Understanding: Toward an R&D Program in Reading Comprehension. RAND.
Spear, S. L. (2015). The Power of RTI and Reading Profiles. A Blueprint for Solving Reading Problems. Paul H. Brooks Publishing Co., Inc.
Wood, N. V. (1996). College Reading and Study Skills: Learning, Thinking, Making Connection (Fifth Edit). Harcourt Brace College Publishers.
Zhang, L. (2018). Metacognitive and Cognitive Strategy Use in Reading Comprehension. Springer Nature Singapore Pte Ltd.
Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)
Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94
Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35
Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1
Isnah, Encik Savira. 2019. Wacana Islam Melalui Novel Surga Yang Tak Dirindukan Analisis Wacana Kritis Ala Teun A. Van Dijk. Lingua Franca (3) (2) 234-242
Isnah, Encik Savira. 2019. Identitas Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Jurusan Teknik Kelautan 2019 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. SULUK (1) (2) 100-104
Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16
Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13
Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170
Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.
Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224
Penulis
Hak Cipta (c) 2020 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.