Tindak Tutur pada Iklan Produk Kecantikan di Televisi Swasta

Widiyah Mutmainnah Al-Humairah (1), Retnowaty Retnowaty (2), Indah Ika Ratnawati (3)
(1) Universitas Balikpapan, Indonesia,
(2) Universitas Balikpapan, Indonesia,
(3) Universitas Balikpapan, Indonesia

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian ini adalah iklan produk kecantikan yang ditampilkan di televisi yang sifatnya bukan saja memberi informasi mengenai produk yang ditawarkan tetapi memiliki tujuan persuasif agar penonton tertarik dengan produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud dan jenis tindak tutur pada iklan produk kecantikan di televisi swasta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian adalah tindak tutur ilokusi. Sumber data penelitian ini adalah rekaman video. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat (teknik lanjutan). Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai pencari tahu alami dalam pengumpulan data kemudian dibantu dengan laptop untuk mendownload dan peneliti juga menggunakan kartu data sebagai alat untuk memilah dan mengumpulkan data yang akan dianalisis. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Teknik yang digunakan dalam pemeriksaan keabsahan data adalah teknik peningkatan ketekunan dan teknik diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat  tindak tutur ilokusi pada iklan produk kecantikan di televisi swasta. Sebanyak 22 data, yang terdiri: (1) jenis tindak tutur asertif sebanyak 8 data, (2) jenis tindak tutur direktif sebanyak 5 data, (3) jenis tindak tutur ekspresif sebanyak 2 data, (4) jenis tindak tutur komisif sebanyak 7 data, (5) jenis tindak tutur deklarasi tidak ditemukan data.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Muhammad. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Nadar, F. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purba, A. (2014). TINDAK TUTUR DAN PERISTIWA TUTUR. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1426.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukristiani, D., Hayatunnufus, H., & Yuliana, Y. (2014). Pengetahuan Tentang Kosmetika Perawatan Kulit Wajah Dan Riasan Pada Mahasiswi Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. E-Journal Home Economic and Tourism, 7(3).

Sumasari, Y. J. (2014). ANALISIS WACANA IKLAN KOSMETIK DI MEDIA TELEVISI. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2329.

Wahyuni, S. T., Retnowaty, R., & Ratnawati, I. I. (2018). TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA CAPTION AKUN ISLAMI DI INSTAGRAM. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 11–18. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.25

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Oxford University Press.

Zulyani, R. (2013). Tuturan Iklan Kecantikan pada Majalah Kartini dalam Kajian Pragmatik. Suluk Indo, 2(4), 1-10.

http://www.youtube.com

Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,

Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188

Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)

Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94

Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35

Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1

Isnah, Encik Savira. 2019. Wacana Islam Melalui Novel Surga Yang Tak Dirindukan Analisis Wacana Kritis Ala Teun A. Van Dijk. Lingua Franca (3) (2) 234-242

Isnah, Encik Savira. 2019. Identitas Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Jurusan Teknik Kelautan 2019 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. SULUK (1) (2) 100-104

Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16

Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13

Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170

Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.

Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224

Penulis

Widiyah Mutmainnah Al-Humairah
Retnowaty Retnowaty
retnowaty@uniba-bpn.ac.id (Kontak utama)
Indah Ika Ratnawati

Rincian Artikel