Tindak Tutur pada Iklan Produk Kecantikan di Televisi Swasta

Widiyah Mutmainnah Al-Humairah (1), Retnowaty Retnowaty (2), Indah Ika Ratnawati (3)
(1) Universitas Balikpapan, Indonesia,
(2) Universitas Balikpapan, Indonesia,
(3) Universitas Balikpapan, Indonesia

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian ini adalah iklan produk kecantikan yang ditampilkan di televisi yang sifatnya bukan saja memberi informasi mengenai produk yang ditawarkan tetapi memiliki tujuan persuasif agar penonton tertarik dengan produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud dan jenis tindak tutur pada iklan produk kecantikan di televisi swasta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian adalah tindak tutur ilokusi. Sumber data penelitian ini adalah rekaman video. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat (teknik lanjutan). Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai pencari tahu alami dalam pengumpulan data kemudian dibantu dengan laptop untuk mendownload dan peneliti juga menggunakan kartu data sebagai alat untuk memilah dan mengumpulkan data yang akan dianalisis. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Teknik yang digunakan dalam pemeriksaan keabsahan data adalah teknik peningkatan ketekunan dan teknik diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat  tindak tutur ilokusi pada iklan produk kecantikan di televisi swasta. Sebanyak 22 data, yang terdiri: (1) jenis tindak tutur asertif sebanyak 8 data, (2) jenis tindak tutur direktif sebanyak 5 data, (3) jenis tindak tutur ekspresif sebanyak 2 data, (4) jenis tindak tutur komisif sebanyak 7 data, (5) jenis tindak tutur deklarasi tidak ditemukan data.

Referensi

Read More

Penulis

Widiyah Mutmainnah Al-Humairah
Retnowaty Retnowaty
retnowaty@uniba-bpn.ac.id (Kontak utama)
Indah Ika Ratnawati

Rincian Artikel