Pemerolehan Bahasa Sunda Pada Muhammad Nathan Putra Syahrul Anak Usia 4 Tahun : Kajian Fonologi Irma Pratiwi
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini menyaran pada analisis pemerolehan bahasa sunda pada anak berusia 4 tahun, dengan objek penelitian yang bernama Muhammad Nathan Putra Syahrul dengan berfokus terkait kajian bunyi suara atau fonologi. Tujuannya untuk melihat seberapa jauh perkembangan dalam aspek fonologi pada anak Nathan dalam memperoleh bahasa sunda. Di usia 4 tahun merupakan fase anak memiliki kosa kata yang tentunya banyak dan bisa berbicara lancar layaknya orang dewasa, walaupun huruf yang disebutkan belum sepenuhnya sesuai. Pembendaharaan kata yang dihasilkan di usia 4 tahun yang di kemukakan oleh lenneberg, sebanyak kurang lebih 1520 kata. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis bahasa sunda Karawang dengan data berupa percakapan Nathan saat petang bersama keluarganya. Penelitian ini menggunakan media berupa rekaman video, yang berdurasi 10:49 dengan pembendaharaan kata yang diujarkan oleh anak berusia 4 tahun, berjenis kelamin laki-laki yang bernama Nathan. Dari hasil tersebut rumusan masalah yang akan diteliti yaitu apa saja bunyi vokal yang ia ujarkan pada saat itu? berapa banyak kosa kata sunda yang ia ketahui pada percakapan tersebut? Berapa banyak bunyi konsonan yang ia ujarkan pada saat itu? apakah terdapat diftong dan bunyi glotal? Dan aspek fonologisnya lain. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis kualitatif dengan mendeskripsikan segala aspek fonologis lalu menguraikannya.
Artikel teks lengkap
Referensi
Alwi, Hasan. 1993. Tata Bahasa Acuan Bahasa Sunda. Jakarta: Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Chaer, Abdul. Linguistik Umum. 2014. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)
Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35
Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94
Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1
Isnah, Encik Savira. 2019. Wacana Islam Melalui Novel Surga Yang Tak Dirindukan Analisis Wacana Kritis Ala Teun A. Van Dijk. Lingua Franca (3) (2) 234-242
Isnah, Encik Savira. 2019. Identitas Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Jurusan Teknik Kelautan 2019 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. SULUK (1) (2) 100-104
Kuntarto, Eko. Memahami Konsepsi Psikolinguistik. 2017. Universitas Jambi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13
Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170
Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16
Nuryani, dkk. Psikolinguistik. 2013. Tangerang Selatan : Mazhab Ciputat.
Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.
Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224
Zaim, M. Metode Penelitian bahasa: Pendekatan Struktural. 2014. Padang: FBS UNP Press Padang.
Penulis
Hak Cipta (c) 2020 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.