Tokoh Perempuan dalam Kaba Sabai Nan Aluih Karya M. Rasyid Manggis dan Novel Senandung Sabai Karya Vera Yuana (Kajian Sastra Bandingan)
Abstrak
Kaba Sabai Nan Aluih karya M. Rasyid Manggis dan novel Senandung Sabai karya Vera Yuana merupakan dua buah karya sastra yang belatarkan Minangkabau dan menjadikan perempuan Minangkabau sebagai tokoh utamanya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan penggambaran tokoh perempuan dalam kaba Sabai Nan Aluih dan novel Senandung Sabai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitain ini menggunakan pendekatan strukturalisme instrinsik dan kajian sastra bandingan. Sumber data adalah teks dalam kaba Sabai Nan Aluih dan novel Senandung Sabai. Teknik analisis data menggunakan analisis mengalir, yaitu tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tokoh perempuan dalam kaba Sabai Nan Aluih dan tokoh perempuan dalam novel Senandung Sabai sama-sama digambarkan sebagai sosok perempuan yang memiliki kecantikan baik dari segi fisik maupun batin. Kedua tokoh, yaitu Sabai Nan Aluih dan Reana Sabai memiliki paras yang cantik, sifat yang baik, dan pemberani. (2) Perbedaan penggambaran tokoh perempuan dalam kaba Sabai Nan Aluih dan novel Senandung Sabai terletak pada zaman dari kedua karya sastra diciptakan yang digambarkan dari cara berpakaian dan pekerjaan masing-masing tokoh. Perbedaan lain juga terlihat dari permasalahan yang dihadapi tokoh Sabai dalam kaba Sabai Nan Aluih dan tokoh Reana dalam novel Senandung Sabai.
Artikel teks lengkap
Referensi
Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)
Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35
Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94
Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1
Isnah, Encik Savira. 2019. Wacana Islam Melalui Novel Surga Yang Tak Dirindukan Analisis Wacana Kritis Ala Teun A. Van Dijk. Lingua Franca (3) (2) 234-242
Isnah, Encik Savira. 2019. Identitas Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Jurusan Teknik Kelautan 2019 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. SULUK (1) (2) 100-104
Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170
Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13
Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16
Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.
Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224
Penulis
Hak Cipta (c) 2020 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.