Penerapan Metode Game’s Penulis Dadakan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Karakter Siswa

Delia Putri (1), Elvina Elvina (2)
(1) STKIP Rokania, Indonesia,
(2) STKIP Rokania, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan menggunakan metode game’s penulis dadakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan atau action research. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 006 Rambah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes unjuk kerja.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas karakter siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Selanjutnya, hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu prasiklus dengan rata-rata kelas 62,76 , siklus I dengan rata-rata kelas 68,71, dan siklus II  dengan rata-rata kelas 82,14.  Disimpulkan bahwa metode game’s penulis dadakan dapat meningkatkan keterampilan menulis dan karakter pada siswa atau peserta didik.

Referensi

Read More

Penulis

Delia Putri
Elvina Elvina
elvinazulkarnain88@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel