Penerapan Metode Game’s Penulis Dadakan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Karakter Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan menggunakan metode game’s penulis dadakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan atau action research. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 006 Rambah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas karakter siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Selanjutnya, hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu prasiklus dengan rata-rata kelas 62,76 , siklus I dengan rata-rata kelas 68,71, dan siklus II dengan rata-rata kelas 82,14. Disimpulkan bahwa metode game’s penulis dadakan dapat meningkatkan keterampilan menulis dan karakter pada siswa atau peserta didik.
Artikel teks lengkap
Referensi
Abdulfatah, M. R., & Widodo, S. T. (2018). Pendidikan Karakter dalam Novel Maha Mimpi Anak Negeri
Karya Suyatna Pamungkas Tinjauan Psikologi Sastra. Jurnal Gramatika, 1, 12–23.
Arianti, R. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK TERPADU ISMAILIYAH RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU, 2.
Ariniro, Rofi’ie. (2012). Seabrek Game Perangsang Minat Baca Anak. Jogjakarta: Buku Biru.
Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)
Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35
Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1
Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94
Morelent, Y. dan S. (2015). PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 05 PERCOBAAN PINTU KABUN BUKITTINGGI. Jurnal Gramatika, 2(V), 141–152.
Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13
Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170
Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16
Purwanto, R. (2011). PEMBELAJARAN TEACHING GAME TEAM TERHADAP SISWA KELAS XI IPA SMA SMART EKSELENSIA INDONESIA TAHUN AJARAN 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1, 1–14.
Putri, D. (2018). Improving News Writing Skill by Using Cooperatif Type Group Investigation Strategy. Jurnal Curricula, 3(2), 78–86. https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i2.2878
Putri, D. dan E. (2018). THE ROLE OF FOKLORE RIAU IN DEVELOPMENT OF CHILDREN ’ S LANGUAGE BEHAVIOR IN TK PEMBINA NEGERI. Jurnal Gramatika, 2.
Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.
Satini, R. (2016). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAP SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 PADANG, 2.
Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224
Penulis
Hak Cipta (c) 2019 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.