Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran

Endang Wahyuningsi (1)
(1) STKIP Ahlussunnah Bukittinggi, Indonesia

Abstrak

Pendekatan diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang harus diperbaiki salah satunya adalah pendekatan pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat memperbaiki pembelajaran adalah pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif merupakan suatu pendekatan yang menitikberatkan pada kemampuan komunikatif siswa, baik di lingkungan formal maupun nonformal. Ciri-ciri pendekatan komunikatif ditinjau dari segi siswa, peran guru, perangkat pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Karakteristik pendekatan komunikatif ditinjau dari segi siswa, proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Tujuan utama dari pendekatan komunikatif adalah menjadikan siswa mampu atau memiliki kompetensi komunikatif. Penerapan pendekatan komunikatif sepenuhnya dilakukan oleh siswa (student centre) sedangkan guru hanya sebagai fasilitator

Referensi

Read More

Penulis

Endang Wahyuningsi
endang_wahyuningsi@ymail.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

Endang Wahyuningsi, STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

Saya dosen tetap pada program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

Rincian Artikel