PENERAPAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA BERBASIS TEKNIK STUDI WISATA KELAS VIIB SMP PLUS AL-FALAH AL-MAKKY MALANG

Muhammad Ali Ridho Syam (1), Hosniyeh Hosniyeh (2)
(1) Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Universitas Al Qolam Malang, Indonesia,
(2) Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Universitas Al Qolam Malang, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita peserta didik melalui penerapan teknik studi wisata di kelas VII B SMP Plus Al-Falah Al-Makky Gondanglegi, Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik studi wisata diterapkan dengan mengajak peserta didik melakukan observasi langsung terhadap kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah dan pondok pesantren, seperti upacara bendera, kegiatan kebersihan, maupun aktivitas harian santri. Hasil pengamatan digunakan sebagai bahan menulis teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang berlaku. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan penilaian mencakup lima aspek: orisinalitas ide, judul menarik, struktur teks berita, kaidah kebahasaan, dan keterpaduan antar paragraf. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan menulis peserta didik. Pada pra-siklus, rata-rata nilai siswa adalah 58,68 dengan 3 siswa (7,89%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah tindakan siklus I, rata-rata meningkat menjadi 67,5 dengan 15 siswa (39,47%) tuntas. Pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 79,16 dengan 25 siswa (65,79%) tuntas. Hasil ini membuktikan bahwa teknik studi wisata efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita secara kontekstual dan bermakna.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

[1] M. S. Ummah, Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan, vol. 245. Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA, 2023.

[2] N. Achmad Zukhruf Alfaruqi, “Reflection on Indonesia’s PISA Scores and the 2024 Madrasah Teacher Competency Assessment Results: Challenges in Enhancing Teacher Competence,” Jurnal pendidikan IPS, vol. Vol. 15 No, pp. 11–19, 2025.

[3] E. Wahyuningsi, “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 03, no. 02, pp. 1–13, 2019.

[4] Bayu Andika Edi Suyanto Muhammad Fuad, “PENGEMBANGAN MATERI MENULIS TEKS BERITA BERBASIS KARYA WISATA UNTUK SISWA SMP,” J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), p. 2020, Jun. 2020.

[5] M. Fuad, “Pengembangan modul pembelajaran menulis teks berita berbasis metode karyawisata,” AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, vol. 22, no. 1, pp. 54–77, 2021, doi: 10.23960/aksara/v22i1.pp54-77.

[6] N. Labib, “Struktur , Kebahasaan , dan Muatan Budaya Teks Berita Merdeka . com serta Relevansinya sebagai Sumber Belajar Teks Berita Berbasis Culturally Responsive Teaching untuk Peserta Didik Kelas XI SMA,” vol. 5, no. 3, pp. 1567–1576, 2025.

[7] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revi., vol. 2302. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

[8] Maliasih, Hartono, and P. Nurani, “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA,” Jurnal Profesi Keguruan, vol. 3, no. 2, pp. 222–226, 2017.

[9] Wahidin, “Pengembangan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa,” Ilmiah Edukatif, vol. 11, pp. 285–295, 2025.

[10] F. Inka Nur Azizah and I. Marzuki, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Di MI Ma’arif NU Manbaur Rohmah Gresik,” Journal on Education, vol. 6, no. 1, pp. 7481–7491, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.4040.

[11] N. Wellya Zartika, “PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMPN 31 PADANG,” Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), vol. 6, no. 1, pp. 28–33, 2025.

[12] E. A. Apriliani and N. F. Arif, “PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI 1 KEDIRI BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan yang,” vol. 20, no. 2, pp. 12–31, 2024.

Penulis

Muhammad Ali Ridho Syam
vivakarisma21@alqolam.ac.id (Kontak utama)
Hosniyeh Hosniyeh

Rincian Artikel