SUPERVISI TENAGA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINKATKAN KINERJA GURU DI MTS NEGERI2 PROBOLINGGO

Moh. Alex Arifin (1), Unaisatuz Zahro (2), Hemas Haryas Harja Susetya (3)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:40:"Universitas Islam Zainul Hasan Genggong ";}, Indonesia,
(2) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia,
(3) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia

Abstrak

Supervisi pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru ketika proses pembelajaran berlangsung, namun masih sedikit penelitian yang secara mendalam membahas hubungan antara gaya mengajar guru yang serius dan disiplin dengan hasil observasi pembelajaran secara kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran oleh seorang guru yang dikenal memiliki karakter mengajar yang tegas, melalui instrumen supervisi yang terdiri atas 46 indikator. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung yang dilaksanakan di MTs Negeri 2 Probolinggo. Hasil observasi menunjukkan bahwasannya guru melaksanakan 42 dari 46 indikator pembelajaran dengan persentase pencapaian sebesar 91,30% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan, bahwa cara mengajar yang tegang tidak selalu berdampak buruk terhadap mutu pembelajaran, selama strategi dan pendekatan pembelajaran dilaksanakan secara profesional dan sistematis. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap praktik supervisi pendidikan dengan menekankan pentingnya evaluasi berbasis data untuk mendukung pembinaan guru secara adil dan objektif.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

[1] P. K. Sekolah, “Peningkatan profesionalisme guru bahasa melalui supervisi pengajaran kepala sekolah,” vol. 7, no. 1, pp. 25–36, 2018.

[2] E. Supervisi, A. Berbasis, D. Dalam, M. Kinerja, G. Di, and E. R. A. Kurikulum, “Equity in Education Journal (EEJ),” vol. 7, pp. 48–55, 2025.

[3] P. M. Siswa, “No Title,” vol. 4, pp. 2–7, 2021.

[4] N. F. Wagiran, “Implementasi Model Evaluasi APKG dalam Penyusunan Modul Ajar Bahasa Indonesia : Studi Pada Materi Teks Ilmiah Populer,” vol. 2, no. 2, pp. 110–120, 2024.

[5] W. S. Lekahena, L. Naibaho, and D. A. Rantung, “Analisis Gaya Mengajar Guru SMA Terhadap Minat Belajar Siswa,” vol. 06, no. 1, pp. 59–68, 2024.

[6] S. Hermina, “2771-Article Text-6710-1-10-20240509,” vol. 03, no. 04, pp. 92–97, 2024.

[7] A. Shaifudin, “Supervisi pendidikan,” vol. 1.

[8] A. Syafitri, “Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di bank bjb syariah cabang bogor,” vol. 11, no. 2, pp. 33–38, 2015.

[9] P. Didik and D. I. Sekolah, “GAYA MENGAJAR GURU OTORITER : PERANANNYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN,” vol. 04, no. 02, pp. 93–104, 2025, doi: 10.53977/ps.v4i02.2364.

[10] L. Tengah, “Pengaruh kinerja kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu lulusan siswa madrasah aliyah di kabupaten lampung tengah 1,” vol. 9, no. April, pp. 84–99, 2024.

[11] A. Halik and M. I. Pd, KEPALA MADRASAH & Relasinya terhadap Profesionalisme Guru.

[12] D. Rahmadayanti et al., “Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Penyusunan Bahan Ajar Terpadu Fokus Bahasa Indonesia : Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang , Kalimantan Barat , Indonesia The Preparation of Integrated Teachin,” vol. 2, pp. 61–72, 2023.

[13] J. Pembelajaran et al., “Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi untuk Mereproduksi Paragraf Model dalam Bahan Ajar Terpadu The Principal ’ s Clinical Supervision of Higher Grade Teachers to Reproduce Model Paragraphs for Integrated Teaching Materials 7 ) Kepem,” vol. 2, pp. 357–368, 2023.

[14] M. Yüksel, “Eğitim Kurumlarında Yaşanan Çok Boyutlu Disiplin Sorunlarının Giderilmesine Yönelik Disiplinel Yaklaşımların İncelenmesi,” pp. 300–314, 2023, doi: 10.52096/usbd.7.29.1.

[15] “No Title,” 2022.

[16] A. Widyaningrum and E. Hasanah, “Manajemen Pengelolaan Kelas Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar,” J. Kepemimp. dan Pengur. Sekol., vol. 6, no. 2, pp. 181–190, 2021, doi: 10.34125/kp.v6i2.614.

Penulis

Moh. Alex Arifin
alexpikatan@gmail.com (Kontak utama)
Unaisatuz Zahro
Hemas Haryas Harja Susetya

Rincian Artikel