PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMAN 2 SETU KABUPATEN BEKASI
Abstrak
Keterampilan yang saat ini masih sulit dikuasai siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu keterampilan menulis. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran experiential learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMAN 2 Setu Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel kelas X 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X 7 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan, yaitu satu soal uraian. Kegiatan pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran experiential learning. Berdasarkan hasil analisis hipotesis, nilai signifikansinya < 0,001 < 0,05 memperlihatkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, kelas eksperimen mendapatkan skor mean yang lebih tinggi, yaitu 79,85 dibandingkan kelas kontrol hanya sebesar 57,35. Peningkatan yang terjadi di dalam penelitian ini dapat terlihat dari kemampuan siswa kelas eksperimen dalam menulis teks negosiasi setelah diterapkan model pembelajaran experiential learning. Siswa kelas eksperimen mampu menulis teks negosiasi dengan memperhatikan kesesuaian isi; penggunaan huruf kapital, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca; ciri-ciri teks negosiasi; struktur teks negosiasi; serta memperhatikan unsur kebahasaan teks negosiasi dibandingkan kelas kontrol.
Artikel teks lengkap
Referensi
[1] Surayanah, “Gelis (Gerakan Menulis Sekolah): Mengatasi Krisis Minat dan Kualitas Menulis Siswa di Indonesia,” Sep. 2023.
[2] D. A. Imelia, L., Humaira, H. W., & Supendi, “[1] Latar Belakang (Experiential Learning) + Tinjauan Pustaka Hapudin + Penelitian Relevan 1”.
[3] U. Kuswari and R. Dallyono, “A writing workshop model to enhance students’ skills in writing essays in Sundanese,” Indones. J. Appl. Linguist., vol. 12, no. 1, pp. 266–276, 2022, doi: 10.17509/ijal.v12i1.46597.
[4] H. . G. Tarigan, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. 2021.
[5] F. Tri Aulia Sefi Indra Gumilar untuk SMA, S. X. Kelas, and B. dan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, SMA/SMK Kelas X Cerdas Cergas Cerdas Cergas.
[6] I. P. Gulo and N. A. J. Harefa, “Peningkatan Kemampuan Siswa Menganalisis Struktur Teks Negosiasi Menggunakan Model Inkuiri Di Smk Negeri 3 Gunungsitoli,” Ling. Fr. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 7, no. 2, p. 164, 2023, doi: 10.30651/lf.v7i2.19929.
[7] S. Octaviani, Model-model Pembelajaran. 2020.
[8] E. Tarida, A. Sastromihardjo, and I. Cahyani, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENULIS TEKS PUISI”, [Online]. Available: http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
[9] M. YUSRI SMK Negeri, “BEST PRACTICE PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 BALIKPAPAN,” vol. 2, no. 3, 2022.
[10] C. Apriovilita Hariri and E. Yayuk, “Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD The Application of Experential Learning Model to Increase Students’ Comprehension in the Subject Material of Light and Its Properties.” [Online]. Available: www.diknas.net
[11] Anita Ayu Lestari, A. S. Haryanti, and A. Permana, “Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 24 Bekasi,” J. Pendidik. Impola, vol. 1, no. 2, pp. 108–114, Nov. 2024, doi: 10.70047/jpi.v1i2.126.
[12] D. U. E. C. Aritonang, T. Trianton, and E. Perangin-angin, “Pengaruh model pembelajaran experiental learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa di sekolah menengah pertama,” J. Educ. J. Pendidik. Indones., vol. 10, no. 2, p. 85, Oct. 2024, doi: 10.29210/1202424551.
[13] A. P. Putri, “PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP.”
[14] N. Asma, “Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning Terhadap Berpikir kreatif dan.”
[15] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2024.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Nadya Elvita Refiardani, Slamet Triyadi, Sutri Sutri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.