EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CERITA BERGAMBAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA MURID KELAS V
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan cerita bergambar dalam meningkatkan minat baca murid kelas V UPT SD Negeri 1 Macorawalie yang berjumlah 25 murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian pre-test dan post-test sebagai instrumen penelitian, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan model one group pretest-posttest design yaitu pengumpulan data awal (pre-test), pelaksanaan perlakuan (treatment), pengumpulan data setelah perlakuan (post-test), analisis perbedaan (uji statistik), dan interpretasi hasil yang diukur untuk menguji validitas dan rehabilitas menggunakan metode uji-t dalam Microsoft Excel menggunakan rumus N-Gain. Hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 51,28%, sedangkan setelah diberikan perlakuan selama 27 kali pertemuan, rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 89,56%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan minat baca murid kelas V.
Artikel teks lengkap
Referensi
F. B. Palondongan, N. Ridwan, and N. Nurhalizah, “Peningkatan Minat Baca Murid Sekolah Dasar Melalui Cerita Rakyat Toraja Dalam Bentuk Komik Dengan Memanfaatkan Anak Sebagai Tokoh Cerita,” FON J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 13, no. 2, pp. 98–118, 2018, doi: 10.25134/fjpbsi.v13i2.1546.
S. Yatun, “Menumbuhkan Minat Baca Melalui Perpustakaan,” J. Fihris, vol. X, no. 2, pp. 171–187, 2015.
Ananta Pramayshela, Erma Yanti Tanjung, Fitri Yantu Pasaribu, and Rinanti Ito Pohan, “Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Kelas 4 Sd,” J. Bintang Pendidik. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 111–125, 2023, doi: 10.55606/jubpi.v1i3.1611.
J. Lanta, I. Irma, and M. A. Menne, “Memahami Cerita Rakyat Melalui Metode Inkuiri,” Cakrawala Indones., vol. 5, no. 2, pp. 44–47, 2020, doi: 10.51817/jci.v5i2.482.
Soejanto Sandjaja, “Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan Soejanto Sandjaja Minat membaca anak Sekolah Dasar masih rendah dan belum ada cara yang efektif untuk meningkatkannya . Keterlibatan orang tua,” pp. 1–11, 2017.
A. A. S. Tantri, I. A. M. Darmayanti, I. B. Putrayasa, and I. N. Suandi, “Pembelajaran Nomina Pada Siswa Sekolah Dasar ( Kajian Linguistik Tradisional ),” vol. 14, pp. 53–61, 2024.
Arsyad A, “Media Pembelajaran,” pp. 23–35, 2011.
S. Saifullah, N. Kasman, N. Mahmud, N. F. Suardi, A. Susmiranti, and H. Hamka, “Pendampingan Pembelajaran Berbasis Learning Management System di SMP Negeri 2 Pancarijang,” MALLOMO J. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 104–109, 2022, doi: 10.55678/mallomo.v2i2.679.
S. P. Apriliani and E. H. Radia, “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 994–1003, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.492.
V. R. Gusti Dewi, I. N. Jampel, and D. P. Parmiti, “Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III Melalui Buku Cerita Bergambar,” J. Edutech Undiksha, vol. 10, no. 2, pp. 271–279, 2022, doi: 10.23887/jeu.v10i2.46904.
K. Jasmine, Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Dan Membaca Pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas II SDN Petoran Jepres Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. 2014.
A. Manjakani, F. Khoirunnisa, and M. Rahma, “Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca Di Kelas Rendah,” Semin. Nas. Ilmu, pp. 474–477, 2021, [Online]. Available: https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/199/199
L. Damayanti and V. D. Sumarwoto, “Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Kehidupan Sosial Aanak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Ajaran 2014/2015,” J. CARE (Children Advis. Res. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 12–23, 2016, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/543
F. Apriatin, I. Ermiana, and H. Setiawan, “Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Sdn Gugus 04 Kecamatan Pujut,” Renjana Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 77–84, 2021.
M. I. Sukarelawan, T. K. Indratno, and S. M. Ayu, N-Gain vs Stacking. 2024.
A. Nurkhasyanah, “MEMBANGUN MINAT BACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN BUKU BERCERITA BERGAMBAR,” pp. 235–246, 2024.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 suci yanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.