PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN BERBANTUAN MICROLEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA SMPN 4 KOTA SUKABUMI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi konten berbantuan microlearning terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX SMPN 4 Kota Sukabumi tahun ajaran 2024/2025. Adapun jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif serta metode penelitian berbentuk eksperimen dengan desain penelitian berupa Intact Group Comparison. Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel yaitu siswa kelas IX H dan IX G SMPN 4 Kota Sukabumi yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 74,24 dan termasuk kategori cukup. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan nilai, sehingga diperoleh rata-rata menjadi 80,30 dan termasuk pada kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,037 < 0,05. Selain itu, berdasarkan hasil nilai thitung sebesar 2.136 dan nilai ttabel 1.669. Maka, nilai thitung > ttabel. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Maka, dapat dikatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi konten berbantuan microlearning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX SMPN 4 Kota Sukabumi tahun ajaran 2024/2025.
Artikel teks lengkap
Referensi
Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, Hermawan, & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Sanulita, H. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol 7 no 2, 196-204.
Setiawan, & Sofyan. (2022). Implementasi Kurikukum Merdeka Belajar di SMK Pusat
Keunggulan. Jurnal Taman Vokasi, 10 (1), 31-37.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In. Bandung: Alphabet.
Suryana. (2021). Analisis Konten Materi pada Teks Pidato SD dalam Aplikasi Video Pembelajaran Jurnal Pedadidaktika, 8, 469-483.
Tarigan. (2021). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa In. Bandung: CV Angkasa.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Anastacia Salwa Saprudin, Asep Firdaus, Hera Wahdah Humaira

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.