PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN BERBANTUAN MICROLEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA SMPN 4 KOTA SUKABUMI

Anastacia Salwa Saprudin (1), Asep Firdaus (2), Hera Wahdah Humaira (3)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:33:"Universitas Muhammadiyah Sukabumi";}, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi konten berbantuan microlearning terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX SMPN 4 Kota Sukabumi tahun ajaran 2024/2025. Adapun jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif serta metode penelitian berbentuk eksperimen dengan desain penelitian berupa Intact Group Comparison. Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel yaitu siswa kelas IX H dan IX G SMPN 4 Kota Sukabumi yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 74,24 dan termasuk kategori cukup. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan nilai, sehingga diperoleh rata-rata menjadi 80,30 dan termasuk pada kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,037 < 0,05. Selain itu, berdasarkan hasil nilai thitung sebesar 2.136 dan nilai ttabel 1.669. Maka, nilai thitung > ttabel. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Maka, dapat dikatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi konten berbantuan microlearning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX SMPN 4 Kota Sukabumi tahun ajaran 2024/2025.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, Hermawan, & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Sanulita, H. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol 7 no 2, 196-204.

Setiawan, & Sofyan. (2022). Implementasi Kurikukum Merdeka Belajar di SMK Pusat

Keunggulan. Jurnal Taman Vokasi, 10 (1), 31-37.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In. Bandung: Alphabet.

Suryana. (2021). Analisis Konten Materi pada Teks Pidato SD dalam Aplikasi Video Pembelajaran Jurnal Pedadidaktika, 8, 469-483.

Tarigan. (2021). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa In. Bandung: CV Angkasa.

Penulis

Anastacia Salwa Saprudin
anastaciasalwa02@gmail.com (Kontak utama)
Asep Firdaus
Hera Wahdah Humaira
Biografi Penulis

Asep Firdaus, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya sebagai Dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi. 

Hera Wahdah Humaira, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Saya sebagai Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Rincian Artikel