PEMANFAATAN WISATA LOKAL MADURA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM BUKU TEKS BIPA UNTUK PEMULA

Emy Rizta Kusuma (1), Afiyah Nur Kayati (2)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:28:"Universitas Trunojoyo Madura";}, Indonesia,
(2) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan esensi wisata lokal di Pulau Madura yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar BIPA bagi penutur asing pada tingkat pemula. Hasil penelitian ini berupa buku teks BIPA tingkat pemula yang berbasis potensi wisata lokal Madura, khususnya wisata lokal di Pulau Mandangin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tiga tahap pengembangan, yaitu (1) pendahuluan, (2) pengembangan prototipe, dan (3) evaluasi produk. Pengembangan buku teks ini didasarkan pada kurannya bahan ajar BIPA yang mengintegrasikan budaya lokal yang tersedia untuk pelajar asing.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arwansyah, Y. B., S. Suwandi, & S.T. Widodo. (2017). Revitalisasi Peran Budaya Lokal dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 00-00

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Bahan Ajar BIPA. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (online), http://badanbahasa.kemdikbud.go.id, diakses 28 Oktober 2023.

Brown, H. Douglas. 1987. Principle of Language Learning and Teaching. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Brown, H. Douglas. (1994). Teaching by Principles. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Chomsky, Noam. (1986). Knowledge of Language: Its Nature, Origin, and Use. New York: Praeger.

Defina. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan materi Ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Jurnal Indonesia Language Education and Literature (ILEAL), 4 (1), 36-51, DOI: 10.24235/ileal.v4i1.3012

Ellis, Rod. (1986). Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Ellis, Rod. (1994). The Study of Second Language Acquisiton. Oxford: Oxford University Press.

Ellis, Rod. (2003). Task-Based Language Learning and Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Istanti, Wati. (2021). Pemetaan Pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indramayu: CV Adanu Abimata.

Krashen, S. D. (1987). Second Language Acquisition and Second Language Learning. Oxford: Pergamon.

Krashen, S. D. (2002). The Comprehension Hypotesis and its Rivals. Selected papers from the Eleventh International Symposium on English Teaching/Fourth Pan-Asian Conference, Taipei: Crane Publishing Company.

Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Kusuma, Emy Rizta. (2023). Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (Teori dan Wujud Pembelajarannya). Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Kusuma, Emy Rizta, dan Siti Mutiatun. (2024). Alternative Media for Teaching Indonesia Language Based on Madurese Culture for Foreign Speakers. Shs Web of Conferences 205, 02007 (2024) ICOME 2024, https://doi.org/10.1051/shsconf/202420502007

Maharani, T., & Astuti, E. (2018). Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran Bahasa dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 10(1), 121-142. https://doi.org/10.21274/ls.2018.10.1.121-142

Muliastuti, Liliana. (2019). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Pangesti, F. dan A. B. Wiranto. (2018). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstualkomunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 342-353, DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1015

Peraturan Pemerintah nomor 57 tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Perlindungan Bahasa dan Sastra serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia.

Plomp, T. (2010). Educational Design Research: on Introduction. Enschede: SLO

Prasetyo, A. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Jawa Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Jurnal Bahasa dan Sastra (Lingua), 11(1), 1-11

Proklawati, D., Roekhan, & G. Susanto. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA: Membaca untuk Pemula Bermuatan Budaya Jawa Timur. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Universitas Negeri Malang, 6(1), 17-23, DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14372

Suyitno, I. (2017). Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.

Suyitno, I., G. Susanto, M. Kamal., & A. Fawzy. (2018). Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA: Acuan Dasar Pengembangan Literasi Komunikasi Pelajar BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.

Suyitno, Imam. (2018). Norma Pedagogis Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Bandung: PT Refika Aditama.

Suyitno, Imam. (2021). Pembelajaran BIPA: Perencanaan, Peaksanaan, dan Problematikanya. Bandung: PT Refika Aditama.

Wurianto, Arif Budi. (2022). Indonesia-Vietnam dan Bahasa Indonesia. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Penulis

Emy Rizta Kusuma
emy.kusuma@trunojoyo.ac.id (Kontak utama)
Afiyah Nur Kayati

Rincian Artikel