PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X DI SMK IT AL-JUNAEDIYAH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS) di kelas eksperimen dalam kemampuan menulis puisi siswa kelas X di SMK IT Al-Junaediyah. Sampel yang diambil oleh peneliti menggunakan cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen guna untuk meneliti pengaruh dalam suatu perlakuan dengan gejala suatu kelompok dan dapat dibandingkan dengan kelompok lain yang diberikan perlakuan berbeda. Sementara itu, pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti selain pengumpulan hasil tes menulis puisi pada pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir), peneliti juga mengambil data observasi melalui lembar observasi sebagai pengamatan siswa selama proses pembelajaran dan dokumentasi berupa foto atau gambar yang berada di lingkungan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan, dilihat dari data rata-rata akhir bahwa kelas eksperimen mendapatkan 84,83 dan kelas kontrol mendapatkan 66,03. Dengan demikian, hasil akhir menunjukkan perbedaan yang signifikan dari kelas yang diberikan treatment dan yang tidak diberikan treatment. Selain itu, hasil hipotesis juga menunjukkan yang signifikan dimana H1 diterima dan H0 ditolak. Sebab 0,00 < 0,05 yang artinya bilamana nilai Sig (2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan antara hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, kemudian bilamana nilai Sig (2-tailed) > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan atau pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Artikel teks lengkap
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 kota Bengkulu. Diksa: pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 6(2), 72-82.
Hasanah, A. (2019). Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) pada Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry Terhadap Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah. Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 01 (01), 114.
Ibrahim, A., Safitri, I., Agustina, N. M., Elyana, L., Saksono, H. S., Widodo, T. W., . . . Abroto. (2024). Metodologi Penelitian Pendidikan. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Nugroho, F. T. (2023). Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Puisi. Retrieved from https://www.bola.com/ragam/read/5460490/pengertian-ciri-ciri-jenis-dan-contoh-puisi?page=5
Purwanti, E. (2022). Pembelajaran kontekstual media objek langsung dalam menulis puisi: Penerbit P4I.
Raharjo, S. (Writer). (2017). Uji Independent Sampel T Tests dengan SPSS In.
Rahman, & Amri. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Ruslan, & Nisriani. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas VI SDN 1 Baubau. Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 2 No 1, 64-71.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). In: Alvabeta Bandung, CV.
Sukmawan, S. (2022). Kala Kata Menjumpa Raga: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi model ATIK dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui permainan kartu bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861-1872.
Utami, D., Setiadi, D., & Suparman, F. (2019). Pengaruh Media Film Pendek Berjudul Inilah Aku Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V-2 Tingkat Mathayom Di Islamic Santitham Foundation Schoolthailand Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 No 1, 92-99.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Sri Dewi Rahmawati, David Setiadi, Tanti Agustiani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.