Analisis kohesi gramatikal antarkalimat pada teks narasi siswa sebagai bahan pembelajaran menulis di MTs Assalam Sukabumi
Abstrak
Kohesi gramatikal merupakan kepaduan bentuk antaraunsur dalam wacana yang diwujudkan dalam sistem gramatikal. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian kohesi gramatikal dalam wacana siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketepatan penggunaan penanda kohesi gramatikal antarkalimat dalam teks narasi siswa dan menjadikan hasil penelitian sebagai bahan pembelajaran menulis bagi siswa kelas VIII MTs Assalam Sukabumi.
Subjek penelitian ini adalah teks narasi siswa kelas VIII MTs Assalam Sukabumi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah piranti kohesi gramatikal antarkalimat dan ketepatan penggunaan kohesi gramatikal antarkalimat dalam karangan narasi siswa kelas VIII MTs Assalam Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan penggunaan piranti kohesi gramatikal antarkalimat dalam teks narasi siswa MTs Assalam Sukabumi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik baca dan catat. Analisis data menggunakan metode trianglasi data, yaitu dengan pengamatan dan analisis.
Hasil dalam penelitian penggunaan kohesi gramatikal antarkalimat dalam teks narasi siswa kelas VIII MTs Assalam Sukabumi ada dua. Pertama, penggunaan kohesi gramatikal antarkalimat dalam teks narasi siswa MTs Assalam Sukabumi terdiri dari referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Dari data tersebut, penggunaan kohesi gramatikal didominasi oleh elipsis yang kurang digunakan. Kemudian hasil penelitian dijadikan sebagai bahan pembelajaran menulis bagi siswa. ketepatan penggunaan kohesi gramatikal antarkalimat dalam teks narasi siswa kelas VIII MTs Assalam Sukabumi termasuk dalam kategori baik.
Artikel teks lengkap
Referensi
Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)
Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35
Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94
Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1
Isnah, Encik Savira. 2019. Wacana Islam Melalui Novel Surga Yang Tak Dirindukan Analisis Wacana Kritis Ala Teun A. Van Dijk. Lingua Franca (3) (2) 234-242
Isnah, Encik Savira. 2019. Identitas Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Jurusan Teknik Kelautan 2019 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. SULUK (1) (2) 100-104
Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170
Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13
Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16
Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.
Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224
Penulis
Hak Cipta (c) 2020 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.