PENGGUNAAN MEDIA PAPAN SELIP (SLOT BOARD) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PERANCIS TINGKAT A1 CECRL DI SMA TELKOM BANDUNG

Annisa Trian Juliarti (1), Tri Indri Hardini (2), Ariessa Racmadhany (3)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstrak

Dalam beberapa metode pembelajaran, Papan selip (Slot Board) dipercaya bisa memecahkan kesulitan-kesulitan yang ada pada suatu pembelajaran. Maka dalam  penelitian ini peneliti akan menggunakan media pembelajaran papan selip (Slot Board) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara bahasa Perancis tingkat A1 CECRL setelah menggunakan media papan selip (Slot Board) serta pendapat siswa terhadap pembelajaran menggunakan media Papan Selip (Slot Board) dalam keterampilan berbicara bahasa Perancis Tingkat A1 CECRL. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif  dengan desain one-shot case study dengan teknik pengumpulan data melalui post-test dan kuisioner yang disebarkan kepada 36 siswa kelas 10 pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbicara setelah meggunakan media tersebut mendapat point keseluruhan adalah 3252/3600 yakni mendapatkan rata rata nilai kelas sebesar 90.22, dengan nilai yang diperoleh tersebut, dapat diketahui predikat penilaian rata rata kelas adalah sangat baik. Hasil angket penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa merasa pembelajaran menggunakan papan selip (slot board) ini sangat membantu proses belajar mengajar karena materi yang dijelaskan lebih menarik perhatian siswa untuk termotivasi belajar lebih dari biasanya karena lebih menyenagkan dan ringan untuk cermati.


 


Kata Kunci : keterampilan berbicara, papan selip, media pembelajaran


 

Referensi

Read More

Penulis

Annisa Trian Juliarti
juliartiannisatrian@gmail.com (Kontak utama)
Tri Indri Hardini
Ariessa Racmadhany

Rincian Artikel