PENGGUNAAN MEDIA PAPAN SELIP (SLOT BOARD) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PERANCIS TINGKAT A1 CECRL DI SMA TELKOM BANDUNG
Abstrak
Dalam beberapa metode pembelajaran, Papan selip (Slot Board) dipercaya bisa memecahkan kesulitan-kesulitan yang ada pada suatu pembelajaran. Maka dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan media pembelajaran papan selip (Slot Board) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara bahasa Perancis tingkat A1 CECRL setelah menggunakan media papan selip (Slot Board) serta pendapat siswa terhadap pembelajaran menggunakan media Papan Selip (Slot Board) dalam keterampilan berbicara bahasa Perancis Tingkat A1 CECRL. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain one-shot case study dengan teknik pengumpulan data melalui post-test dan kuisioner yang disebarkan kepada 36 siswa kelas 10 pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbicara setelah meggunakan media tersebut mendapat point keseluruhan adalah 3252/3600 yakni mendapatkan rata rata nilai kelas sebesar 90.22, dengan nilai yang diperoleh tersebut, dapat diketahui predikat penilaian rata rata kelas adalah sangat baik. Hasil angket penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa merasa pembelajaran menggunakan papan selip (slot board) ini sangat membantu proses belajar mengajar karena materi yang dijelaskan lebih menarik perhatian siswa untuk termotivasi belajar lebih dari biasanya karena lebih menyenagkan dan ringan untuk cermati.
Kata Kunci : keterampilan berbicara, papan selip, media pembelajaran
Artikel teks lengkap
Referensi
Agustin, Y., & SOESETYO, B. H. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LAUFDIKTAT UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK KELAS XI SMAN 1 MOJOSARI. LATERNE, 8(1).
Azzuhri, M. (2009). Metode dan Media Pembelajaran
Bahasa Arab Berbasis Internet di Era Teknologi
Informasi. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3), 348-445.a
Febrianto, A., Rakhmawati, A., & Saddhono, K. (2022). Dimensi Masalah Sosiolinguistik. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 308-311.
Ginting, S. U. B., Nofasari, E., Dina, R., Ismail, I., & Kartolo, R. (2024). SOSIALISASI TRI GATRA BAHASA YAITU: UTAMAKAN BAHASA INDONESIA, LESTARIKAN BAHASA DAERAH, KUASAI BAHASA ASING PADA MASYARAKAT DESA TELAGAH KECAMATAN SEI BINGAI. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 72-79.
Jadidah, I. T., Kiftiah, M., Bela, S., Pratiwi, S., & Hidayanti, F. N. (2023). ANALISIS PENTINGNYA MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM BERKOMUNIKASI DIKALANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 66-73.
Karimah, I. S., Amalia, F., Mutiarsih, Y., Hardini, T. I., Racmadhany, A., & Zuhdi, I. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Brosur Wisata Mahasiswa Level B1. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 156-168.
LASUT, C. W. (2022). PENERAPAN HOTS DAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(3), 307-319.
Mega, M. D. (2022). IMPLEMENTASI METODE REMUE-MÉNINGES DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS BAGI SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 PADA MASA PANDEMI COVID-19.
Muchtar, S. F. M. M. R. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MA RUHUL AMIN TAHUN AJARAN 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62.
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374.
Rinta, A. S., & Sofyan, F. A. (2022). BENTUK SIKAP POSITIF DAN TINDAK TUTUR DALAM ANIMASI" BING BUNNY" BERSEMBUNYI. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 13-20.
Rukmana, H. (2022). PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAPKETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA KELAS III DI SDN TENGGILIS MEJOYOISURABAYA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA).
Sari, D. P. (2017). Penerapan Metode Presentasi Ilmiah Berbasis Poster untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Indonesia University of Education).
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
Sekartiwi, I. (2020). EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN QUI SUIS-JE? DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PERANCIS SISWA SMAN 6 CIMAHI TAHUN AJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sugandi, R. M., & Sutrisna, D. (2021, October). Analisis Kalimat Efektif dalam Cerpen Menembus Waktu. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 412-417).
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Sulaeman, I. (2022). PENGARUH KETERAMPILAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEKERJA PADA HOME INDUSTRI DI KECAMATAN PANYILEUKAN KOTA BANDUNG. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS INTERNASIONAL, 1(1).
Supriyanto, T. (2016). Peningkatan Kualitas Keterampilam Berbicara Bahasa Prancis pada Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Koroya Cilacap dengan Menggunakan Media Foto. Skripsi). Fakultas Bahasa dan Seni. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suwitra, I. W., Premayani, N. W. W., & Suartina, I. W. (2023). Peran Kepuasan Kerja dalam Memediasi Pengaruh Job Enrichment, terhadap Komitmen Organisasional. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(8), 1608-1619.
Waliyah, S., Dini, S. H., & Syarif, A. (2021). Manajemen pembiayaan pendidikan masa pandemi Covid-19 di SMK Gazza Wiguna 1. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 77-98.
Yastiari, I. D. M. (2019). Penerapan model pembelajaran artikulasi dengan media gambar guna meningkatkan prestasi belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 431-438.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Annisa Trian Juliarti, Tri Indri Hardini, Ariessa Racmadhany
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.