Analisis Kesalahan Ejaan dan Pilihan Kata pada Surat Dinas di STKIP Al Hikmah Surabaya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan ejaan dan pilihan kata pada surat dinas di STKIP Al Hikmah Surabaya. Data penelitian adalah surat dinas yang dibuat oleh sekretaris STKIP Al Hikmah, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara mengkaji dokumen atau arsip dengan menggunakan teknik analis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesalahan dalam penulisan surat dinas di STKIP Al Hikmah Surabaya, yaitu kesalahan ejaan berupa penggunaan huruf kapital, tanda koma, tanda titik dua, dan pilihan kata.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arifin, Zaenal. 1987. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta: PT. Mediyatama Sarana Perkasa.
Darmasuti, Feri Defita. 2009. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Surat Dinas Kantor Kelurahan Ngolodono Karangdowo Klaten. Skripsi tidak dipublikasikan, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)
Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35
Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94
Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1
Jumariam. Et al. 2001. Ejaan Bahasa Indonesia: Bahan Penyuluhan. Jakarta: Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional.
Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13
Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170
Mustakim, 2016. Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Pusat Pembinaan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16
Panitia Pengembangan Pedoman Bahasa Indonesia. Jakarta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.
Semi, Atar. 2008. Terampil Menulis Surat. Bandung: Titian Ilmu.
Setyoningrum, Afra Tien. 2008. Korespondensi bahasa Indonesia. Yogyakarta: Amara Books.
Soedjito & Solchan. 2001. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224
UU RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta.
Yulianto, Bambang. 2007. Mengembangkan Menulis Teknis. Surabaya: Unesa University Press.
Penulis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.