Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Lilik Herawati (1)
(1) Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Abstrak

Kajian Perpustakaan Nasional menyimpulkan bahwa masyarakat memiliki minat baca dengan kategori rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksplanatif yang dilaksanakan selama Agustus sampai November 2018. Data diperoleh melalui angket dan wawancara tertutup. Populasi meliputi seluruh mahasiswa FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Adapun sampel berjumlah 100 mahasiswa yang dipilih secara acak dari 10 jurusan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi peneliti, dan triangulasi teori. Berdasarkan data dan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa minat baca mahasiswa FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon masih tergolong rendah. Hal ini dapat diketahui dari: 1) aktivitas yang dilakukan ketika memiliki waktu luang, 2) jumlah buku yang telah dibaca, 3) kunjungan ke perpustakaan, serta 4) jenis buku yang dibaca. Adapun faktor yang memengaruhi minat baca mahasiswa FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah motivasi dari dalam diri dan motivasi dari luar, seperti: ketersediaan dana, koleksi buku.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Anugra, H., Yusup, P.M., &Erwina, W. 2013. “Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Survei Eksplanatori tentang Minat Baca Mahasiswa di UPT Perpustakaan ITBâ€. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol.1, No.2, Desember 2013, hal. 137-145 ISSN: 2303-2677

Bastiono. 2007. Pembinaan minat baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Chaplin, J. P. 2008. Kamus Psikologi Lengkap. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Cohen, L., et al. 2000. Research Methods in Education. Great Britain: TJ International Ltd, Padstow, Cornwall.

Crawley & Mountain. 1995. Language Development: An Introduction. New York: Macmillan Publishing Company.

Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,

Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188

Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188

Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)

Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35

Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94

Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2015. Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan Republik Indonesia.

Kholiati. 2011. Hubungan antara FrekuensiKunjungan Perpustakaan Sekolahdengan Minat Baca Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Sentolo, KulonProgo Tahun Ajaran 2010/ 2011. Skripsi. PGSD UNY.

Kompas. 2016. Minat Baca Rendah: Mayoritas Warga Indonesia Hobi MenontonTelevisi http://regional.kompas.com/read/2016/04/28/21020061/Minat.Baca.Rendah.Mayoritas.Warga.Indonesia.Hobi.Nonton.Televisi.

McLaughlin, M. & Allen. 2002. Guided Comprehension. New York: International Reading Association.

Moleong, L. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13

Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170

Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16

Nurhaidah, M. I. M. 2016. “Dampak Rendahnya Minat Baca di Kalangan Mahasiswa PGSD Lampeuneurut Banda Aceh Serta Cara Meningkatkannyaâ€. Jurnal Pesona Dasar Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala Vol. 3, No.4, Oktober 2016, hal. 1-11, ISSN: 2337-9227.

Prasetyono, D. S. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think.

Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.

Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: BumiAksara.

Siswati. 2016. “Minat Membaca pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I)†Prosiding Seminar Asean Psychology dan Humanity pada 19-20 Februari 2016 di Universitas Muhammadiyah Malang.

Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224

Tarigan, H. G. 1997. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Penulis

Lilik Herawati
lilikher74@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel