Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menulis Karangan Eksplanasi Kelas V
Abstrak
Tujuan penelitian : 1. Untuk membuktikan perbedaan kemampuan siswa yang mendapat dan yang tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah, 2. Untuk membuktikan keefektifan strategi pembelajaran berbasis masalah dari hasil menulis karangan eksplanasi. Metode penelitian : jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian A. Jenis A yang digunakan adalah A semu (quasi experimental), dengan desain control group pretest posttest. Populasi dan Sampel : populasi 187 siswa, sedangkan sampel kelas V A (kelas eksperimen) 36 siswa, sampel kelas V B (kelas kontrol) 36 siswa. Teknik pengumpulan data berdasarkah hasil tes dan nontes. Teknik analisi data: uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, hipotesis statistik, dan analisi SWOT. Simpulan: terdapat perbedaan yang signifikan. Mean kelompok B 75,05, kelompok A 79,05. Nilai t =Â 2,171, df 37 dan nilai P =Â 0,036. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,036<0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan kelompok B dengan kelompok A, 2. Hasil perbandingan uji-t pada skor prates dan pascates kelompok B dan kelompok A mengalami peningkatan, tetapi kelompok A mengalami peningkatan lebih besar. Rata-rata skor pascates kelompok A 79,05, rata-rata skor prates 71,70, rata-rata skor pascates kelompok B 75,05, dari rata-rata skor prates 72,21.
Artikel teks lengkap
Referensi
Aliansyah. 2013. Keefektifan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta:Rineka Cipta.
Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Gultom, Pestauli. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Medan:Universitas Negeri Medan.
Harsanto, Rani Wulan. 2014. Keefektifan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pemelajaran Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sleman. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta:Andi Offset.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013a. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
__________________________________. 2013b. Buku Guru, Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Knapp, Peter and Watkins Megan. 2005. Genre, Text, Grammar:Technologies for Teaching and Assessing Writing. Australia:University of New South Wales Press.
Muslimin. 2011. Perlunya Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia (online). Vol. 1, No. 1. Diakses dari : http//repository.ung.ac.id pada 20 April 2017.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta.
___________________. 2012. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung:Alfabeta.
Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta:ANDI Yogyakarta.
Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung:Alfabeta.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Bumi Aksara.
Soetjipto, Helly Prajitno dan Sri Mulyantini Soetjipto. 2008. Learning To Teach, terjemahan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Wong, Ruth. 2002. Teaching Text Types in The Singapore Primari Classroom. Singapore:Prentice Hall.
Penulis
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.