Perencanaan Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap pada Apresiasi Sastra Anak

Syihabuddin Syihabuddin (1), Vismaia S. Damaianti (2), N. Yeffa Afnita Apriliyani (3), Rika Istianingrum (4)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia,
(3) Universitas Islam Nusantara,
(4) Universitas Balikpapan

Abstrak

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya disajikan secara utuh ke dalam aspek-aspek keterampilan berbahasa dan bersastra terutama pada pembelajaran apresiasi sastra anak. Cenderung pada sebuah pembelajaran, guru melakukan evaluasi hasil belajar secara diskrit dalam bentuk tes akhir, jarang guru melakukan evaluasi proses berupa pengamatan tingkah laku atau kita sebut dengan penilaian sikap. Pemahaman guru terhadap konsep dan implementasi penilaian sikap masih kurang maksimal, artinya adalah guru masih kesulitan dalam melakukan penilaian sikap yang diterapkan pada bentuk penilaian sikap Kurikulum 2013 yakni, penilaian observasi, jurnal harian, penilaian sejawat, penilain diri sendiri. Untuk mewujudkan suatu bentuk konsep instrumen penilaian sikap yang mudah untuk diimplementasikan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan nilai-nilai moral pada apresiasi sastra yang berupa novel anak, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra anak pada novel anak dapat dimanfaatkan sebagai indikator instrumen penilaian sikap yang berkaitan dengan bentuk kompetensi penilaian sikap Kurikulum 2013 serta memaparkan tahap-tahap konsep bentuk instrumen penilaian sikap pada apresiasi sastra anak yang dapat dikembangkan dari pengkajian novel anak dan didasarkan pada bentuk kompetensi penilaian sikap Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode research and development. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, rekam, dan studi lietratur/pustaka. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif interpretatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Nilai-nilai moral yang terkandung dalam sastra anak pada novel anak dapat dimanfaatkan sebagai indikator instrumen penilaian sikap. 2) Konsep bentuk instrumen penilaian sikap pada apresiasi sastra anak yang dapat dikembangkan dari pengkajian novel anak dan didasarkan pada bentuk kompetensi penilaian sikap Kurikulum 2013.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abidin, Yunus. 2010. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Ampera, Taufik. 2010. Pengajaran Sastra. Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas. Bandung: Widya Padjajaran.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilain Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Salsabila, Sherina. 2013. Petualangan Hati Jelajahi Pelangi. Jakarta: Zettu.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutisna, dadan. 2010. Rasiah Kodeu Biner. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.

Penulis

Syihabuddin Syihabuddin
Vismaia S. Damaianti
N. Yeffa Afnita Apriliyani
Rika Istianingrum
riekaistianingrum@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel