PENGEMBANGAN MEDIA MATERI GAGASAN POKOK BERBASIS SMART APPS CREATOR
Abstrak
Penelitian ini di latarbelakangi adanya permasalahan dalam mempelajari materi gagasan pokok. Hasil belajar siswa rendah dikarenakan beberapa faktor, salah satunya yaitu konsep pembelajaran yang monoton. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keefektifan bahan ajar “gagasan pokok” berbasis Smart Apps Creator, dan kepraktisan bahan ajar “gagasan pokok” berbasis Smart Apps Creator. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan prosedur pengembangan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar gagasan pokok berbasis Smart Apps Creator yang dilaksanakan di kelas VI semester II SDN Kalianget Timur I Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep yaitu bahan ajar gagasan pokok berbasis Smart Apps Creator yang dikembangkan, mudah digunakan, sesuai dengan teknologi dan lingkungan belajar siswa, menarik, dan interaktif. Hal ini terlihat pada tampilan materi yang terdiri dari tulisan, animasi, video, pengerjaan latihan soal, dan dapat digunakan secara offline pada smartphone. Kelayakan bahan ajar gagasan pokok berbasis Smart Apps Creator yang dikembangkan sangat layak (aspek materi 97% dan aspek media 94%), serta hasil angket respon siswa memperoleh kategori sangat baik yakni 95%, sehingga pengembangan bahan ajar gagasan pokok berbasis Smart Apps Creator ini dinyatakan layak secara praktis.
Artikel teks lengkap
Referensi
Agustania, A. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di SMK Negeri 1 Pengasih. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 19. https://core.ac.uk/download/pdf/33522845.pdf
Agustini, Ketut, J. G. N. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4 April 20, 62–78.
Amri, S. dan L. K. A. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi Pustaka.
Anitah, Sri W, D. (2019). Strategi Pembelajaran di SD Banten UniverTerbukaMetode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.
Aqip, Z. A. (2018). Penelitian R & D Pengembangan dan Aplikasi. ANDI.
Arikunto. (2019). Penelitian Pengembangan. PT. Bumi Aksara.
ASTUTI, D. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) di SMPN 12 Bulukumba. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
BUJURI, D. A., & BAITI, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3173
Darmawan, A. (2018). Membuat Media Video Pembelajaran. Pustekom Kemendikbud.
Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajmen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Edy Susanto, M. (2019). Permendikbud No 22 Tahun 2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung, 1489–1497. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194601291981012-PERMASIH/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf
Huda. M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Kurniasih, M. (2018). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.
Kurniawati, Ennok, A. S. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV SD Negeri Banjarsari 5 Dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf. Kalimaya, 7, 1–13.
Kurniawati, Inung Diah, Sekreningsih, N. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1.2, 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Lestari, A. S. (2013). Pembelajaran Multimedia. Al-Ta’dib, 6.2, 84–98.
Lisa, Junita Lisdia, Ria Ariesta, J. P. (2018). Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2.3.
Sujinah,dkk. (2023). “Development of Digital Comics as a Source of Disaster Mitigation Education: A Case Study on Building Resilience among Youth”. EJAL: Eurasian Journal of Applied Linguistics Vol. 9 No. 3, 133 – 141.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Ach. Jauza, Sujinah Sujinah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.