PELAFALAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING: (PEMBELAJAR THAILAND) MELALUI PENERAPAN DIRECT METHOD
Abstrak
Keterampilan berbahasa yang akan menjadi fokus teliti pada penelitian ini adalah keterampilkan melafalkan. Objek teliti adalah pembelajar Thailand dengan guru Indonesia sebagai pengajar sekaligus peneliti. Data dianalisis dengan menggunakan metode observasi yakni terjun dan melihat langsung subjek dan objek teliti. Dengan menggunakan metode langsung dalam mengajar, data yang diperoleh menunjukkan kemampuan pembelajar Thailand dalam melafalkan kosa kata bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melihat kemampuan pelafalan sebagai bukti keberhasilan metode ajar. Pada pertemuan pertama siswa kelas VIIIÂ didapati bahwa 5 dari 16 siswa mengetahui bahasa Melayu Malaysia dengan sederhana yang hanya berupa ucapan tidak dengan tulisan. Pada pertemuan kedua, 2 dari 16 siswa mampu mengeja nama dalam Bahasa Indonesia. Pada pertemaun ketiga, siswa mampu menulis nama dalam bahasa Indonesia serta melafalkan abjad. Pertemuan keempat, didapati kesalahan dalam membaca teks 3 kata di papan tulis seperti kata saudara dibaca suadara, bersih dibaca berseh dan beberapa kata dengan penggabungan huruf vokal menjadi kesulitan siswa dalam membaca teks. Pada pertemuan kelima, siswa mampu membaca tulisan dalam satu paragraf dengan beberapa kesalahan pengucapan, seperti huruf C dibaca SI. Dari data tersebut diketahui bahwa kemampuan melafalkan kosa kata bahasa Indonesia oleh pembelajar Thailand mengalami peningkatan setiap pertemuan.
Artikel teks lengkap
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Gita Amelia, Mutia Febriyana, Isthifa Kemal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.