CERITA BERGAMBAR UNTUK MENGUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK BAHAGIA SURABAYA

Istiana Istiana (1), Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi (2)
(1) Universitas Terbuka Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia

Abstrak

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang sangat penting dan harus terus di kuatkan dalam suatu lembaga dan masyarakat, melalui media buku cerita bergambar penguatan pendidikan karakter dapat efektif dilakukan, Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keefektifan buku cerita bergambar untuk menstimulasi perkembangan anak usia dini di lembaga TK Bahagia Surabaya, Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif Aplied dimana untuk menstimulasi perkembangan anak dilakukan dengan cara membacakan buku cerita bergambar tidak hanya di sekolah melainkan juga dilakukan oleh orang tua dirumah, penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada guru dan orang tua murid. Dari beberapa pengamatan dapat ditemukan hasil bahwa dari beberapa anak yang diamati ada indikasi beberapa anak yang perkembangannya mulai terstimulasi dengan baik, dengan demikian dapat disimpulkan bawa buku cerita bergambar sangat efektif untuk menstimulasi perkembangan anak degan cara dibacakan secara rutin dan berkelanjutan baik di lembaga maupun diteruskan di rumah, namun demikian anak juga perlu terus dibimbing dan diarahkan untuk tetap bersikap sesuai karakter yang diinginkan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Amini, M. (2021, February 25). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi:10.31004/obsesi.v5i2.1128

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74. doi:10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-12. doi:10.37985/murhum.v3i1.65

Augusta. ( 2012). Pengertian Anak Usia Dini.

Azizah, S. (2023, Juni 27). Analisis Kemampuan Anak Usia 4-5 Tahun dalam Menceritakan Kembali Buku Cerita Bergambar yang Telah Dibacakan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3498-3508. doi:10.31004/obsesi.v7i3.4255

Daniel, B. K. (2017). Higher Education Research Methodology.

Dr.Abdul Fattah Nasution, M. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Fita, A. (2021). Studi Literatur Efektifitas Media Cerita Bergambar dalam Mengajarkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). Retrieved from http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a

Indonesia, P. R. (2015). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sistem Pendidikan Nasional(1), 1-27.

Musthofa. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qurān (The Value of Character Education in The Qur’an). An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 7(1), 1-17. doi:10.36835/annuha.v7i1.342

Musyaffa, A. (2022). MENGEMBANG MINAT LITERASI BACA UNTUK ANAK USIA DINI DAN REMAJA (DESA LOPAK ALAI KEC. KUMPEH ULU KAB. MUARO JAMBI). RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 6(2), 129. doi:10.35906/resona.v6i2.878

Nurlaili. (2018). Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229-241.

Ratnasari, E. M. (2020). Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kecerdasan Visual Anak Prasekolah. 7(April).

Samiaji, M. H. (2019). Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 295. doi:10.21043/thufula.v7i2.6490

Sudaryuni Kurnia, D. (2021). MODEL PENGEMBANGAN CERITA UNTUK PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(2). doi:10.32832/oborpenmas.v4i2.5965

Turan, F. (2016). Using Storybooks as a Character Education Tools. Journal of education and practice, 7(15), 169-176.

yusron El-Yunusi, M. (2023). HAKIKAT NILAI DASAR PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PERADABAN AGAMA ISLAM. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2). Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jat/article/view/1796/1195

Penulis

Istiana Istiana
anaisti284@gmail.com (Kontak utama)
Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi

Rincian Artikel