PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI KELAS VII UPTD SMP NEGERI 4 GUNUNGSITOLI TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Hendra Faebuadodo (1), Noveri Amal Jaya Harefa (2)
(1) Universitas Nias,
(2)

Abstrak

Kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi dan surat dinas di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli tergolong rendah dibuktikan dengan ketuntasan klasikal siswa masih di bawah 50% dari jumlah siswa dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis surat (pribadi dan dinas) siswa kelas VII-D UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli, pada semester genap, yang terdiri dari 31 siswa (19 laki-laki dan 12 perempuan) menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan kemampuan siswa menulis surat (pribadi dan dinas). Dapat disimpulkan: a) penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis surat (pribadi dan dinas) di kelas VII-D UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli; b) menggunakan model pembelajaran STAD proses pembelajaran menulis surat (pribadi dan dinas) memberikan motivasi yang baik kepada siswa. Saran: a) diharapkan kepada siswa untuk meningkatkan minat menulis dalam menulis surat (pribadi dan dinas) menggunakan model pembelajaran STAD; b) sebagai bahasan referensi  di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di masa yang akan mendatang

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Avicenna. (2008). Menulis Surat Dinas. Permata Equator Media.

-Menulis Surat Pribadi. Permata Equator Media.

Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. PT Rajagrafindo Persada.

Fitri, S., F., N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Harefa, N. A. J. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berbasis Explicit Instruction pada Materi Menulis Surat Dinas. … Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–9. https://ojs.unias.ac.id/index.php/to/article/view/49%0Ahttps://ojs.unias.ac.id/index.php/to/article/download/49/15

Harefa, N. A. J., & Zai, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Pendek Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Noveri Amal Jaya Harefa 1 , Dernipika Zai 2. Ta’ehao, 2(1), 1–9. https://ojs.unias.ac.id/index.php/to/article/view/148/87

Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2017). Bahas Indonesia Kelas VII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustka Pelajar.

Kusmayadi, I. (2019). Buku Ringkasan dan Latihan Brilian Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VII. Grafindo Media Pratama.

Maruhawa, J. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Teks Persuasi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Gunungsitoli Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227–234.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE-Yogyakarta

Semi, M. A. (2008). Terampil Menulis Surat. Titian Ilmu Bandung.

Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. AR-Ruzz Media.

Soedjito, P. D. (2018). Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Taringan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.

Warso, A. W. D. D. (2016). Pkb Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Nilai Angka Kreditnya. Pustka Pelajar.

Waruwu, L., & Zega, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Paragraf Ekspositoris dengan Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing di Kelas XI SMK Negeri 1 Afulu. Jurnal IImiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–8.

Yunus, M., Santosa, P., Prakoso, T., & Cahyani, I. (2014). Keterampilan Menulis. Universitas Tebuka.

Zendrato, P. M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur Teks Persuasi Menggunakan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Penulis

Hendra Faebuadodo
hendrahulu11@gmail.com (Kontak utama)
Noveri Amal Jaya Harefa

Rincian Artikel