Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan membuat rancangan bahan ajar berupa modul yang akan digunakan siswa kelas XII tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dengan tahap yaitu: (1) menganalisis potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) memvalidasi desain kepada ahli, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi terhadap produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dapat dijadikan bahan ajar sastra yang baik karena terkandung nilai-nilai pendidikan karakter yaitu jujur, religi, toleransi, disiplin, kerjakeras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingintahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cintai damai, gemar membaca, pedulilingkungan, peduli sosial, tanggungjawab. Berdasarkan uji coba yang dilakukan kepada siswa dan guru mendapatkan beberapa penilaian dari aspek indikator kelayakan meliputi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Penilaian siswa dan guru memperoleh presentase 81,5% dan 87,5%. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk layak digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA.Â
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Novel Sang Pemimpi, Bahan AjarArtikel teks lengkap
Referensi
Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Azra, dkk. 2002. Pendidikan Agama Islam. Jakarta. Departemen Agama Islam.
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodelogi Penelitian Sastra. Jakarta. Buku Seru.
Fatihati, Atik. 2011. Nilai Dasar Pendidikan Karakter Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pasca Sarjana. Universitas Islam Malang.
Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)
Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35
Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94
Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1
Kandai. 2014. Jurnal. Sulawesi Tenggara. KBPL Kendari.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13
Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170
Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta.
Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.
Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224
Penulis
Hak Cipta (c) 2019 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.