MEDIA POSTER FONT ANIMAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA SUNDA

Ai Hayati Mayang Arum (1), Dingding Haerudin (2)
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstrak

Materi pembelajaran aksara Sunda seringkali menjadi pelajaran yang dianggap berat dan menegangkan oleh siswa, terutama ketika dihadapkan dengan menulis dan membaca tanpa melihat panduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis aksara Sunda, yang meliputi kemampuan awal dan kemampuan setelah menggunakan media poster font animal. Metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen, serta desain penelitiannya adalah pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan instrumen tes uraian berupa soal transliterasi (alih aksara). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan kemampuan antara sebelum dan sesudah menggunakan media poster font animal, bisa dilihat dari hasil rata-rata pretestnya adalah 57,6 dan posttestnya adalah 80. Pada uji normalitas, kedua data (pretest dan posttest adalah normal. Tetapi pada uji homogenitas, diketahui nilai signifikansi berdasarkan Based in Mean kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak (Varians tidak homogen), jadi pada penelitian kali ini tidak bisa dilanjutkan ke thitung untuk hipotesis, karena asumsi tidak terpenuhi.  Dilihat dari presentasi berdasarkan uji gain yaitu sebesar 51% (berada di antara 40-55) maka, hasilnya adalah kurang efektif, dan dilihat menurut pembagian skornya adalah 0, 5, maka posisinya berada pada kategori sedang. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa media poster font animal ini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik, tetapi berada pada posisi kurang efektif, dan berada pada kategori sedang. 

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abi Hamid, Mustofa, Dkk. Media Pembelajaran. 2020. Yayasan Kita Menulis.

Anitah, S. 2008. Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Presindo

Gunawan, Dkk. Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. 2019. Sumatera Utara: Rajawali Pers.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Research Methodology.

Hamid, Abdul. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Pres.

Mulyono, Abdurrahman. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Panggabean, L. 1996. Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP.

Pramesti, Getut. Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. 2014. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana, Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Yusuf, Muhammad. Dkk. Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam bidang perikanan. 2019. Bogor: IPB Press Printing.

Penulis

Ai Hayati Mayang Arum
hayatimayangarum@upi.edu (Kontak utama)
Dingding Haerudin
Biografi Penulis

Ai Hayati Mayang Arum, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiwa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia

Dingding Haerudin, Universitas Pendidikan Indonesia

Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia

Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia 

Rincian Artikel