POLA PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BELAJAR DI PESANTREN DARUT TAUHID DUSUN ULU SUNGGAI
Abstrak
Model atau pola pembelajaran merupakan suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pelajaran dikelas atau pembelajaran dalam tutolial. Model pembelajaran mengaju pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembeljaran. Dan pengelolahan kelas Arends. Hal ini sesuai dengan pendapat joyce bahwa†Each Model Guide Us As We Design Instruction To Help Students Achieve Varios Objectiveâ€. Maksud kutipan tersebut adalah bahwa setiap model mengarahkan kita dalam merancang pembelajaran untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan ta’limul muta’allim merupakan kitab yang mengajarkan tentang adab terhadap guru, dan dalam menuntut ilmu, serta mengamalkannya itu, menjadi kunci utama para santri menuju sukses. Implementasi adalah tindakan tindakan yang dilakukan oleh individu atau pejabat pejabat, kelompok kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada terciptanya tujuan tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan. Etika dan moral merupakan dua istilah yang sejak dulu kala hingga sekarang terus diperbincangkan oleh para ahli, terutama di dunia filsafat dan pendidikan. Kedua istilah ini cukup menarik untuk dikaji mengingat keduanya berbicara tentang baik dan buruk, benar dan salah, atau yang seharusnya dilakukan dan yang seharusnya ditinggalkan. Etika dan moral selalu menghiasi kehidupan manusia dalam segala aspek kehidupannya.
Artikel teks lengkap
Referensi
Al-Zernuji Syehkh, (2006) Ta’lῑim Muta’allῑm Surabaya: Al-Haromain
Abu Ahmadi dan Noor Salimi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, (Jakarta, Bumi Aksara
Al-faqir. (diakses pada 09 Februari 2010) “Nilai Etika Kitab Ta'lim Al-Muta'allimâ€, http://ruyatismail73.blogspot.com
Bakri Masykuri.( 2013) Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Visipres Media
Bertens. (1993) Etika, Jakarata: Gramedia Pustaka Utama
Badudu Dkk, (1996) Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Dimyati, Mudjiyono.( 2009) Belajar dan Pembelajaran jakarta: Rineka Cipta
Khoiron Rosyadi,( 2004) Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
M. Athiyah al-Abrasyi, ( 2010) Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Titian Ilahi Press,
Madjid, Nurcholish . (1997) Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalan, Jakarta : Paramadina
Nurul Huda, (2000) Konsep Belajar Dalam Kitab Ta’lim Al-muta’allim, Semarang: Pusat Penelitian IAIN Walisongo.
Senjaya, Wina , (2009) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. jakarta: Rineka Cipta
Syah, Muhibbin.( 2008) Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Baru. Bandung PT Remaja Rosdakarya Offset .
syamsul josh (diakses Tangal 6 june, 2012) “Pengertia Metode Bandonganâ€, http://syamsuljosh.blogspot.com,
Halida Kirana, (diakses pada Rabu, 12 Mei 2010) “Pengertian Implementasâ€, http://cenil19.blogspot.com
Tim Penyusun Kamus, (2008) “Implementasiâ€, Kamus Besar Bahasa Indonisia Pusat Bahsa, cetakan II, jakarata: pustka ,
Tim Penyusun Kamus, (2008) Kamus Besar Bahasa Indonisia Pusat Bahsa, cetakan I, ( jakarata: pustka
Trianto, (2007) Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarata: Prestasi Pustaka.
Zubaedi, (2011) Desain Pendidikan Karakter dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan, Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Penulis
Hak Cipta (c) 2022 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.