KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA PADA CERITA RAKYAT DARI DESA-DESA DI SIDOARJO
Abstrak
Kajian ini merupakan penerapan dan praktik bagi dosen dan mahasiswa untuk menggali kearifan lokan dengan turun langsung ke 3 desa berkarakter budaya yang ada di Sidoarjo. Desa-desa di Sidoarjo mempunyai cerita rakyat atau kisah asal-usul yang diceritakan secara lisan secara turun-temurun ke tiap generasi. Cerita rakyat tersebut memiliki konsep kearifan yang layak dikaji sebagai solusi alternatif untuk praktik merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kembali cerita rakyat dari desa-desa di Sidoarjo selanjutnya dilakukan pembacaan secara hermeneutik untuk menemukan kandungan makna atau nilai-nilai filosofi tentang keadilan soasial. Diharapkan konsep keadilan tersebut bisa digunakan sebagai referensi keadilan sosial bagi seluruh rakyat lndonesia seperti pada sila kelima Pancasila. Desa-desa yang akan digunakan sebagai objek penelitian adalah desa Kalisogo, desa Tambakoso, dan desa Terung.
Artikel teks lengkap
Referensi
Barthes, Roland. (2004). Mytologies dalam
Mitologi. Nurhadi (ed). Yogyakarta: Kreasi Wacana.
_____.1985. L’aventure Sémiologique, dalam Petualangan Semiologi. Wening Udasmoro (ed). 2007. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Denzin, N. K. & Lincoln, Y. S., (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hatta, M., (2015). Politik, Kebangsaan,
Ekonomi (1926-1977). Jakarta:
Kompas.
Ketetapan MPR RI NomorI/MPR/2003. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI
Nasrullah, R., Suganda, D., Wagiati & Riyanto, S., (2019). Recovery patterns and a linguistic therapy model of SundaneseIndonesian bilingual aphasia: A neurolinguistic study. INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS, IX(II), pp. 452-462.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pemerintah_lndonesia, 2003. Ketetapan MPR no. 1/MPR/2003. Jakarta: Sekretariat Negara.
Setyawan, B. W., 2019. Metode Pembelajaran Berbasis Budaya Jawa Dalam Rangka Menyukseskan Pendidikan Multikultural Di Era Revolusi Industri 4.0. JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, IV(3), p. 1 –12.
Susilo, J., Suwarta, N., Wahyu & Taufiq, (2019). Representasi Kemakmuran Alam dalam Serat Cemporet. Parafrase, XIX(1), p. 59 – 64.
Susilo, Joko. (2011). “Serat Mursada: Suntingan Teks Disertai Telaah Falsafah Jawaâ€. Skripsi. Surabaya: Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.
Soetarjo, Sri Suryati. (2012). “Demistifikasi Mitos Rahwana: Analogi Sameness dan Other dalam Lakon Ramayanaâ€. Tesis. Surabaya: Magister Kajian Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.
Zaimar, K. (2008). Semiotik dan Penerapannya dalam Karya Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Edrová, K. 2015. Die Sprechfertigkeit Sprechen im DaF-Unterricht. Chech: Masaryk Universität.
Funk, Hermann., dkk. 2012. Studio D A1. Jakarta:Katalis
Hana, Hasanah Devi. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Quizizz untuk Melatih Keterampilan Gramatika Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang: Malang.
Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
Maulana, A. G. (2021, Desember 1). Menelusuri Legenda Sarip Tambak Oso. Retrieved from AYOSURABAYA.COM: https://surabaya.ayoindonesia.com/netizen/pr-78833965/Menelusuri-Legenda-Sarip-Tambak-Oso
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran “Sebuah Pendekatan Baruâ€. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nurgiantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 3(1):171.
Penulis
Hak Cipta (c) 2022 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.