KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA PADA CERITA RAKYAT DARI DESA-DESA DI SIDOARJO

Joko Susilo (1), Muhammad Junaedi (2), Feri Tirtoni (3), Septi Budi Sarika (4), Cindy Cahyaning Astuti (5), Niko Fediyanto (6)
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia,
(3) ,
(4) ,
(5) ,
(6)

Abstrak

Kajian ini merupakan penerapan dan praktik bagi dosen dan mahasiswa untuk menggali kearifan lokan dengan turun langsung ke 3 desa berkarakter budaya yang ada di Sidoarjo.  Desa-desa di Sidoarjo mempunyai cerita rakyat atau kisah asal-usul yang diceritakan secara lisan secara turun-temurun ke tiap generasi. Cerita rakyat tersebut memiliki konsep kearifan yang layak dikaji sebagai solusi alternatif untuk praktik merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kembali cerita rakyat dari desa-desa di Sidoarjo selanjutnya dilakukan pembacaan secara hermeneutik untuk menemukan kandungan makna atau nilai-nilai filosofi tentang keadilan soasial. Diharapkan konsep keadilan tersebut bisa digunakan sebagai referensi keadilan sosial bagi seluruh rakyat lndonesia seperti pada sila kelima Pancasila. Desa-desa yang akan digunakan sebagai objek penelitian adalah desa Kalisogo, desa Tambakoso, dan desa Terung.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Barthes, Roland. (2004). Mytologies dalam

Mitologi. Nurhadi (ed). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

_____.1985. L’aventure Sémiologique, dalam Petualangan Semiologi. Wening Udasmoro (ed). 2007. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Denzin, N. K. & Lincoln, Y. S., (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hatta, M., (2015). Politik, Kebangsaan,

Ekonomi (1926-1977). Jakarta:

Kompas.

Ketetapan MPR RI NomorI/MPR/2003. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI

Nasrullah, R., Suganda, D., Wagiati & Riyanto, S., (2019). Recovery patterns and a linguistic therapy model of SundaneseIndonesian bilingual aphasia: A neurolinguistic study. INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS, IX(II), pp. 452-462.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemerintah_lndonesia, 2003. Ketetapan MPR no. 1/MPR/2003. Jakarta: Sekretariat Negara.

Setyawan, B. W., 2019. Metode Pembelajaran Berbasis Budaya Jawa Dalam Rangka Menyukseskan Pendidikan Multikultural Di Era Revolusi Industri 4.0. JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, IV(3), p. 1 –12.

Susilo, J., Suwarta, N., Wahyu & Taufiq, (2019). Representasi Kemakmuran Alam dalam Serat Cemporet. Parafrase, XIX(1), p. 59 – 64.

Susilo, Joko. (2011). “Serat Mursada: Suntingan Teks Disertai Telaah Falsafah Jawaâ€. Skripsi. Surabaya: Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Soetarjo, Sri Suryati. (2012). “Demistifikasi Mitos Rahwana: Analogi Sameness dan Other dalam Lakon Ramayanaâ€. Tesis. Surabaya: Magister Kajian Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Zaimar, K. (2008). Semiotik dan Penerapannya dalam Karya Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Edrová, K. 2015. Die Sprechfertigkeit Sprechen im DaF-Unterricht. Chech: Masaryk Universität.

Funk, Hermann., dkk. 2012. Studio D A1. Jakarta:Katalis

Hana, Hasanah Devi. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Quizizz untuk Melatih Keterampilan Gramatika Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang: Malang.

Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.

Maulana, A. G. (2021, Desember 1). Menelusuri Legenda Sarip Tambak Oso. Retrieved from AYOSURABAYA.COM: https://surabaya.ayoindonesia.com/netizen/pr-78833965/Menelusuri-Legenda-Sarip-Tambak-Oso

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran “Sebuah Pendekatan Baruâ€. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 3(1):171.

Penulis

Joko Susilo
jokosusilo1@umsida.ac.id (Kontak utama)
Muhammad Junaedi
Feri Tirtoni
Septi Budi Sarika
Cindy Cahyaning Astuti
Niko Fediyanto
Biografi Penulis

Joko Susilo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Program Studi Manajemen, Asisten Ahli, Golongan IIIb

Muhammad Junaedi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Program Studi Manajemen, Asisten Ahli, Golongan IIIb

Rincian Artikel