EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL CONVERSATION DIGITAL MODULE MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

supriyono supriyono (1)
(1) sekolah Vokasi UGM

Abstrak

Pembelajaran bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang bertujuan untuk komunikasi antara orang dan bangsa. Penggunaan Bahasa inggris yang baik dapat mengungkapkan ide perasaan, dan gagasan yang dimiliki. Keterbatasan penguasaan bahasa inggris pada siswa diakibatkan kurangnya rasa percaya diri dalam menyampaikan kemampuan berbahasa inggris dalam model conversation.  Pembelajaran model conversation dapat meningkatkan rasa percaya diri berkomunikasi siswa dengan penggunaan modul digital. Pembelajaran yang telah dilakukan dengan menggunakan model conversation menggunakan sampel siswa SMK. penelitian ini direalisasikan dengan membuat bahan ajar digital dengan aplikasi sigil yang bisa diakses menggunakan komputer, tablet dan atau smartphone dengan mengkompilasi berbagai material. Siswa dapat belajar mandiri sehingga dapat meningkatkan conversaion. Hasil dari penelitian ini bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan mode conversation sebesr 81,8 %  dari 7 komponen evaluasi.

 

Kata Kunci: model conversation, Evektivitas, Pembelajaran, Bahasa inggris

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adila Rara Cynthia1, (2014) Efektivitas Metode Communicative Language Teaching (Clt) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbahasa Inggris Peserta Kursus Di Pqec Institute. Vol 10 No2 PP 167

A Fachrurrozi E mahyuddin, 2010, metode pembelajaran bahasa asing, jakarta: Bania publishing

Andreas hasenclever PM (10997) Theories of International Regimes. Camridge:press Syndivcate of The University

Asep Hernawan,(2008), Pengembangan Kurikulim Pelbeljaran, Jakarta universitas Terbuka

Djamarah B.S., Zain A. (1995) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Floriasti, Tri Wahyuni. 2013. Improving Speaking Skills through the Use of Integrated Listening and Speaking Material for Student Teachers Academic Year 2012/2013 p 369-376

Ibnu, (2020), Pengambangan Modul Digital berbasis Self determined learning pada mata peajaran pengetahuan dasar pekerjaan sosial SMKN 15 Bandung, Vol 6 No 1, PP 47-57

Maggil.R. (2001) Motor Learning Concepts And Applications, New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc

Mhouti, A.E.dkk. 2013. How to Evaluate the Quality of Digital Learning Resources. International Journal of Computer Science Research and Application, 2013, Vol. 03, Issue. 03, pp. 27- 36.

J Nurkamto, 2003, problema pengajaran bahasa inggris di Indonesia, jurnal ilmiah masyarakat linguistik indonesia Vol 21 No 2 p288-307

Rahadi, (2014), Pengukuran usability sistem menggunakan use quitionare pada aplikasi android JSI jurnal sistem informasi vol 6 no 1 2014

Richard and roger , 2003, principles of Comunicative language teaching

Sudjana. N, Ibrahim, (2001). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Scivener(2005) Learning Teaching A guide Book for Engish Langguage teachers, Oxford UK Maacmillan Education.

Suparti,(2017) Evaluasi model media audio Daily English Conversation pada siswa SMP di Yogyakarta. TEKNODIK Vol. 21 - Nomor 2, Desember 2017.

Taylor, Lucy dan Clark, Steve. 2010. Educational Design of Short, Audio-Only Podcasts: the

Teacher and Student Experience. Australasian Journal of Educational Technology Vol 26, No 3. 2010. p 386-399

Wang, Victor C.X. 2010. Assessing and Evaluating Adult Learning in Career and Technical

Evaluation. Hangzhou: Zhejiang University Press.

Yusuf pawit M, 2010 komunikasi Instruksional, Jakarta: Bumi aksara

Penulis

supriyono supriyono
arisindriyanti@stieykp.ac.id (Kontak utama)

Rincian Artikel