EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL CONVERSATION DIGITAL MODULE MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS
Abstrak
Pembelajaran bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang bertujuan untuk komunikasi antara orang dan bangsa. Penggunaan Bahasa inggris yang baik dapat mengungkapkan ide perasaan, dan gagasan yang dimiliki. Keterbatasan penguasaan bahasa inggris pada siswa diakibatkan kurangnya rasa percaya diri dalam menyampaikan kemampuan berbahasa inggris dalam model conversation. Â Pembelajaran model conversation dapat meningkatkan rasa percaya diri berkomunikasi siswa dengan penggunaan modul digital. Pembelajaran yang telah dilakukan dengan menggunakan model conversation menggunakan sampel siswa SMK. penelitian ini direalisasikan dengan membuat bahan ajar digital dengan aplikasi sigil yang bisa diakses menggunakan komputer, tablet dan atau smartphone dengan mengkompilasi berbagai material. Siswa dapat belajar mandiri sehingga dapat meningkatkan conversaion. Hasil dari penelitian ini bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan mode conversation sebesr 81,8 %Â dari 7 komponen evaluasi.
Â
Kata Kunci: model conversation, Evektivitas, Pembelajaran, Bahasa inggris
Artikel teks lengkap
Referensi
Adila Rara Cynthia1, (2014) Efektivitas Metode Communicative Language Teaching (Clt) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbahasa Inggris Peserta Kursus Di Pqec Institute. Vol 10 No2 PP 167
A Fachrurrozi E mahyuddin, 2010, metode pembelajaran bahasa asing, jakarta: Bania publishing
Andreas hasenclever PM (10997) Theories of International Regimes. Camridge:press Syndivcate of The University
Asep Hernawan,(2008), Pengembangan Kurikulim Pelbeljaran, Jakarta universitas Terbuka
Djamarah B.S., Zain A. (1995) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Floriasti, Tri Wahyuni. 2013. Improving Speaking Skills through the Use of Integrated Listening and Speaking Material for Student Teachers Academic Year 2012/2013 p 369-376
Ibnu, (2020), Pengambangan Modul Digital berbasis Self determined learning pada mata peajaran pengetahuan dasar pekerjaan sosial SMKN 15 Bandung, Vol 6 No 1, PP 47-57
Maggil.R. (2001) Motor Learning Concepts And Applications, New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc
Mhouti, A.E.dkk. 2013. How to Evaluate the Quality of Digital Learning Resources. International Journal of Computer Science Research and Application, 2013, Vol. 03, Issue. 03, pp. 27- 36.
J Nurkamto, 2003, problema pengajaran bahasa inggris di Indonesia, jurnal ilmiah masyarakat linguistik indonesia Vol 21 No 2 p288-307
Rahadi, (2014), Pengukuran usability sistem menggunakan use quitionare pada aplikasi android JSI jurnal sistem informasi vol 6 no 1 2014
Richard and roger , 2003, principles of Comunicative language teaching
Sudjana. N, Ibrahim, (2001). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Scivener(2005) Learning Teaching A guide Book for Engish Langguage teachers, Oxford UK Maacmillan Education.
Suparti,(2017) Evaluasi model media audio Daily English Conversation pada siswa SMP di Yogyakarta. TEKNODIK Vol. 21 - Nomor 2, Desember 2017.
Taylor, Lucy dan Clark, Steve. 2010. Educational Design of Short, Audio-Only Podcasts: the
Teacher and Student Experience. Australasian Journal of Educational Technology Vol 26, No 3. 2010. p 386-399
Wang, Victor C.X. 2010. Assessing and Evaluating Adult Learning in Career and Technical
Evaluation. Hangzhou: Zhejiang University Press.
Yusuf pawit M, 2010 komunikasi Instruksional, Jakarta: Bumi aksara
Penulis
Hak Cipta (c) 2022 Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.