Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Instansi Pendidikan di Indonesia

Penulis

  • Latihan Jurnal Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.30651/latih.v1i1.6613

Abstrak

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang dari Manajemen umum yang meliputi segi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengorganisasian. Sumber daya manusia sangat penting perannya dalam pencapaian tujuan, maka berbagai pengalaman dan hasil penelitian dalam bidang sumber daya manusia dikumpulkan secara sistematis dalam apa yang disebut dengan Manajemen sumber daya manusia. Pemanfaatan sumber daya manusia adalah proses kegiatan pemimpin yang bermaksud memperkerjakan pegawai yang memberi prestasi dan tidak memperkerjakan pegawai yang tidak bermanfaat. Beberpa usaha dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam pendidikan : 1. Meningkatkan pengetahuan guru dengan perguruan umum dari tingkat dasar sampai ke perguruan tinggi. 2. Memantapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berwawasan luas. 3. Perguruan tinggi mengembangkan pikiran – pikiran ilmiah dalam rangkamemahami dan menghayati serta mampu menyelaraskan dengan kehidupan masyarakat.

Referensi

Kutubkhanah: Jurnal Penelitian sosial keagamaan, Vol.19, No.2 Juli -Desember 2016

Amri, A. (2020). Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa PAndemi. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Covid-, P., & Andayani, I. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/20221

Hidayat, R. (2021). Strategi Pengembangan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jhoansyah, D., Tofik Isa, I., & Setiawan, I. (2020). The Innovation of Regional Typical Food Products Enye Bogarasa Chips in an Effort to Improve the Community’s Economy in the Village of Mekarmukti Waluran Sukabumi Regency. January. https://doi.org/10.4108/eai.5-11-2019.2292488

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Mulyana, A. E., Hidayat, R., Andayani, N. R., & ... (2021). Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal …, 3(1), 62–76. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/AbdiMas/article/view/2685

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF, 11-16.

Arianto, B. (2015). Kampanye Kreatif Dalam Kontestasi Presidensial 2014.

Adi, M Kwartono. 2007. Analisis Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta:Andi Offset.

Kotler, Philip And Gary Armstrong., 2018., Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York.

Amri, A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, 2 (1) hal 123-130 .

Asmaya, F. (2015). Pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku prososial remaja di kenagarian koto Bangun. Jom FISIP, hal 1-15.

Diterbitkan

2024-06-21

Terbitan

Bagian

Artikel