PENGEMBANGAN MEDIA GAMES BOOK BERBASIS CERITA “MINUMAN NUSANTARA” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eka Rani Erawahyuni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhamad Taufik Hidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.12921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang berfokus pada tiga tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, dan tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, serta  angket ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menganalisis data hasil angket ahli media dan ahli materi. Media “Games Book†berbasis cerita minuman nusantara memenuhi kualifikasi semua analisis kebutuhan yang dibutuhkan siswa, sehingga media games book layak digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Dibuktikan dengan hasil uji validitas ahli media dan ahli materi dengan nilai persentase kelayakan media yang tinggi dan berada pada kategori sangat baik. Validitas ahli media dilakukan penilaian pada tiga aspek, antara lain: aspek kebaruan media sebesar 87,50% ( sangat baik), aspek desain media 90,00% (sangat baik), dan aspek penggunaan media sebesar 91,66% (sangat baik). Sedangkan validitas ahli materi dilakukan penilaian pada empat aspek yaitu aspek penggunaan bahasa sebesar 85,71% (sangat baik), aspek penggunaan tanda baca sebesar 87,59% (sangat baik), aspek unsur teks cerita sebesar 100% (sangat baik), dan aspek isi cerita sebesar 95,00% (sangat baik). Implikasi dari penelitian ini adalah: Pertama, kepala sekolah dasar harus memperbanyak kegiatan-kegiatan sekolah yang berhubungan dengan peningkatan minat baca siswa. Kedua, guru harus memperbanyak wawasan dan pengetahuan mengenai media yang dapat menarik perhatian siswa khususnya dalam bidang membaca. Ketiga, pemerintah dengan dukungan  peneliti harus mengembangkan desain-desain buku yang unik dan menarik khususnya buku untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini mengembangkan media terbaru yang dapat mendukung peningkatan minat baca siswa.

References

Ainia, K. (2019). Pengembangan Media Pizza Cerbung (Cerita Bersambung) untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas I di SDN Gelam II Candi Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(1), 184-196. Retrieved from https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/34

Dharma, I. M. A. (2019). Pengmbangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63. http://dx.doi.org/10.23887/jills.v2i1. 17321

Dharma, K. B. (2013). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 70-76. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Fatimah, N., & Ningsyih, S. (2021). Pengembangan Media Komik Interaktif Cerita Mbojo Berbasis Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Journal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 148-154. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v7i4.2400

Handayani, P., & Henny, D. K. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4(2), 396-401. https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v4i2.365

Hendrayani, A. (2018). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235-248. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9617

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assessment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran AUD. Medan: Perdana Publishin.

Kurniawati, L., & Mitarlis, M. (2020). Pengembangan Media CPB dengan Strategi Mind Mapping Materi Hidrokarbon Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 379-386. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3. p379-386

Lindasari, Y. M., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 278-287.

Lubis, M. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca PPKn Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Tarbiyah, 25(2), 152-173. https://doi.org/10.31227/osf.io/689vk

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14

Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2036-2044. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032

Rahmat, A. S. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.17509/jipe.v1i1.7494

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian dan Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktik. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenademedia Group.

Widodo, H. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara.

Published

2023-04-04

Issue

Section

Artikel