ALTERNATIF STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN BERCERITA DAN DRAMATISASI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN BERBAHASA LISAN

Lia Saefa Sa'diyah (1), Aninditya Sri Nugraheni (2)
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia,
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja kegiatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbahasa lisan dan bagaimana langkah-langkah dalam pembelajaran bercerita dan dramatisasi pada sekolah dasar berdasarkan penelitian atau artikel ilmiah yang telah ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah descriptive content analysis atau studi literature yaitu analisis yang digunakan untuk mendeskripsikan pokok isi penelitian berdasarkan kumpulan informasi yang diperoleh Pengolahan data pada penelitian ini diawali dengan mengumpulkan artikel yang sesuai kemudian dianalisis dan disimpulkan. Dari penelitian ini didapatkan informasi bahwa Keterampilan berbahasa lisan terdiri dari berbicara dan menyimak. Berbicara dan menyimak merupakan satu kesatuan yang berfugsi untuk mendapatkan dan memberikan informasi secara lisan. Dalam pembelajaran berbahasa lisan di sekolah dasar harus digunakan strategi yang tepat agar dapat diterima oleh seluruh peserta didik. Terdapat beberapa kegiatan atau strategi yang dapat digunakan antara lain : menjawab pertanyaan,bermain tebak-tebakan, memberi petunjuk, mengidentifikasi topic cerita, bermain peran,  bercerita,dramatisasi atau bermain drama dan mendongeng. Strategi bercerita dan dramatisasi merupakan strategi yang cocok digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbahahsa lisan baik menyimak maupun berbicara.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Yuni, EP. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia Menggunakan Dongeng dengan Kearifan Lokal di Kelas 2 SD Negeri 3 Yahembang Kangin.

Pratiwi,DA. Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia .

Puspita, Linda. .Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.

Dewantara ,IPM. 2016.Alternatif strategi Pembelajaran Keteram pilan Berbicara. Jurnal Santiaji pendidikan,Volume 6(1).

Tambunan,Pandapotan. Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar.

Martha Julia,NMA. Dkk .2015. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flip Chart Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak

Kelompok B3 PAUD Kusuma 2 Denpasar . e-journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha . Vol.3(1)

Noortyani,Rusma . 2015 . Strategi Pembelajaran Berbahasa Lisan Melalui Kegiatan Bercerita Pada siswa Kelas III Sekolah Dasar . PS2DM . Vol 1 (1) .

Magawati,NMP. Penerapan Model Pembelajaran Taking Stick Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahahsa Lisan.

Penulis

Lia Saefa Sa'diyah
liasaefas@gmail.com (Kontak utama)
Aninditya Sri Nugraheni

Rincian Artikel